EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN TATA KRAMA PERGAULAN SISWA DI SEKOLAH KELAS VIII SMPN 1 SEMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

WARDATUZ ZAKIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0106

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti saat melakukan kegiatan PPL di SMP Negeri 1 Semen, bahwa siswa di sana pemahaman dan penerapan tata kramanya kurang berkembang. Akibatnya masih banyak ditemukan siswa yang tata kramanya rendah. Hal ini nampak dari munculnya perilaku siswa, seperti memanggil temannya dengan panggilan yang kasar, sering menghina serta mengejek teman, dan sebagainya. Permasalahan peneliti ini adalah (1) Apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan tata krama pergaulan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Semen. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian menggunakan pretest-posttes Design. Dengan subyek penelitian kelas VIII-H sebanyak 34 siswa. Proses analisis data menggunakan analisis inferensial yaitu dengan menggunakan uji normalitas dan uji t pired sample t-test. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t menunjukan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan tata krama pergaulan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Semen, ditunjukan dengan hasil perhitungan uji t paired simple t-test diperoleh hasil nilai sebesar t-hitung > t-tabel atau -5.545 > 2,035) maka Ha diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diatas, dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terbukti efektif dalam meningkatkan tata krama pergaulan siswa. Berdasarkan simpulan hasil penellitian ini, direkomendasikan : (1) Guru sebagai pelaksana harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana kelompok yang nyaman dan kondusif saat melakukan sosiodrama. (2) Peneliti berikutnya yang ingin mengkaji permasalahan yang sama masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama sesuai dengan seluruh karakter materi dan karakter siswa. Kata kunci : bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, tata krama pergaulan siswa di sekolah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI