EFEKTIVITAS PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VII SMP N 1 KRAS TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

QORI';ASHARI DHANY ABIMANYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0071

Abstract

ABSTRAK Qori’ Ashari Dhany Abimanyu: Efektivitas Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas VII SMPN I Kras Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi, Bimbingan Konseling, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2017. Kata kunci : teknik sosiodrama, percaya diri Penelitian ini dilatar belakangi percaya diri merupakan sifat yang sangat penting bagi kehidupan individu agar individu memiliki arah dan tujuan dalam hidupnya. Dengan kata lain percaya diri adalah sikap positif yang dimiliki seorang individu yang membiasakan dan memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain, lingkungan, serta situasi yang dihadapi untuk meraih apa yang diinginkan. Untuk meningkatkan percaya diri dapat menggunakan teknik sosiodrama karena teknik sosiodrama merupakan suatu teknik dalam bimbingan kelompok untuk mengubah perilaku siswa yang awalnya negatif menjadi lebih positif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada efektifitas teknik sosiodrama untuk meningkatkan percaya diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental design dengan menggunakan desain one group pretest-posttest design karena desain ini dirancang untuk membandingkan suatu perlakuan. Pendekatan penlitian dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 35 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 10 siswa, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 atau thitung sebesar 33.541 > ttabel sebesar 1.833 maka H0 ditolak Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh teknik sosiodrama untuk percaya diri belajar siswa kelas VII SMPN I Kras. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik sosiodrama untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa, sehingga disarankan dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa dapat melakukan layanan bimbingan teknik sosiodrama.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI