PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL MASYARAKAT TERHADAP PENGENDALIAN DIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MOJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ANSYAHRUL ANDRIANIS MUBAROK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0034

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti dilapangan menunjukkan siswa yang menduduki bangku sekolah tingkat atas kurang memiliki sikap pengendalian diri dikarenakan lingkungan sosial masyarakat mereka. Karena pergaulan negatif yang kuat menguasai diri sehingga mereka sulit untuk mengendalikan diri. Permasalahan penelitian ini adalah “Adakah pengaruh lingkungan sosial masyarakat terhadap pengendalian diri siswa kelas X SMA Negeri Mojo Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017?” . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi serta data yang valid mengenai adakah pengaruh lingkungan sosial masyarakat terhadap pengendalian diri siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojo Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional. Proses analisis data dengan menggunakan uji korelasi product moment dan Regresi Linier Sederhana dengan menggunakan sampel sebanyak 63 siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojo Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan instrument angket lingkungan sosial masyarakat dan pengendalian diri. Hasil analisis perhitungan uji korelasi product moment diperoleh  r hitung ? r tabel  yaitu 0,316 ? 0,244 dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa adanya pengaruh lingkungan sosial masyarakat terhadap pengendalian diri siswa. Dari output bantuan perhitungan SPSS 16.0 for windows, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima berbunyi adanya pengaruh lingkungan sosial masyarakat terhadap pengendalian diri siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojo Kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) guru BK/Konselor sebaiknya mengontrol siswa dan memperbaiki perilaku yang selama ini kurang baik serta meningkatkan perilaku yang baik dilingkungan sosial masyarakat guna mengendalikan diri siswa dengan cara bekerjasama dengan orang tua. (2) siswa sebaiknya dapat mengendalikan diri agar dapat terhindar dari pergaulan bebas dilingkungan sosial masyarakat. (3) orang tua juga hendaknya berusaha memperhatikan anak baik fisik maupun psikisnya agar dapat mendorong anak untuk meningkatkan pengendalian diri dalam pergaulan sekitar. KATA KUNCI: Lingkungan Sosial Masyarakat, Pengendalian Diri

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI