EFEKTIVITAS METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA BERKEPRIBADIAN INTROVERT KELAS X SMA NEGERI 1 LOCERET TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
YUDI KURNIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0023
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa peserta didik
yang mempunyai kepribadian introvert, terutama pada keterampilan
komunikasinya itu sangat rendah. Dikarenakan siswa yang mempunyai
kepribadian introvert ini, cenderung menarik dirinya dari lingkungan sosial, lebih
suka menulis dari pada berkomunikasi. Sehingga siswa yang mempunyai
kepribadian introvert, selalu mendapatkan nilai yang kurang, dikarenakan mereka
tidak mampu untuk mengungkapkan pemikiranya lewat komunikasi. Dan
sosiodrama merupakan salah satu cara yang cukup ampuh membantu individu
yang memiliki kepribadian introvert. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah
apakah metode sosiodrama efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi
siswa berkepribadian introvert kelas X SMA N 1 Loceret ? Dasar penelitian ini,
Sugihartono dkk. (Dalam Muhammad dan Novan, 2013:92) Kepribadian Introvert
merupakan lawan dari kepribadian Ekstrovert. Individu Introvert cenderung
kurang gembira. Kurang energi dan aktifitasnya rendah, mereka cenderung tenang
dan menarik diri dari lingkungan.Sosiodrama merupakan suatu tehnik
memecahkan masalah melalui kegiatan bermain peran. Sosiodrama merupakan
suatu teknik memecahkan masalah-masalah sosial melalui kegiatan bermain
peranan Djumhur dan Muh Surya (1985:109). Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif rancangan penelitian pre experimental design sebagai
tekniknya one group pre-test and post-test design. Pelaksanaan rancangan
penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan perlakuan kepada sekelompok
individu melalui pemberian pre-test berupa angket keterampilan komunikasi,
treatment berupa cerita pendek melalui sosiodrama, dan post-test berupa angket
keterampilan komunikasi. Proses analisis data mengunakan analisis uji wilcoxson.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah, keterampilan komunikasi siswa
berkepribadian introvert menunjukan peningkatan, rata – rata memiliki
kemampuan keterampilan komunikasi sedang menjadi tinggi setelah diberikanya
sosiodrama. Metode sosiodrama efektif untuk meningkatkan keterampilan
komunikasi siswa berkepribadian introvert kela X SMA N 1 Loceret. Atas dasar
penelitian yang telah dilakukan, maka direkomendasikan bagi konselor untuk lebih
kreatif dalam menagani permasalahan siswa dan dapat mengunakan sosiodrama
untuk menyelesaikan permasalahan siswa yang berbeda.
Kata Kunci : metode sosiodrama, keterampilan komunikasi siswa berkepribadian
introvert.