EFEKTIVITAS METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA BERKEPRIBADIAN INTROVERT KELAS X SMA NEGERI 1 LOCERET TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

YUDI KURNIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0023

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa peserta didik yang mempunyai kepribadian introvert, terutama pada keterampilan komunikasinya itu sangat rendah. Dikarenakan siswa yang mempunyai kepribadian introvert ini, cenderung menarik dirinya dari lingkungan sosial, lebih suka menulis dari pada berkomunikasi. Sehingga siswa yang mempunyai kepribadian introvert, selalu mendapatkan nilai yang kurang, dikarenakan mereka tidak mampu untuk mengungkapkan pemikiranya lewat komunikasi. Dan sosiodrama merupakan salah satu cara yang cukup ampuh membantu individu yang memiliki kepribadian introvert. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah metode sosiodrama efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa berkepribadian introvert kelas X SMA N 1 Loceret ? Dasar penelitian ini, Sugihartono dkk. (Dalam Muhammad dan Novan, 2013:92) Kepribadian Introvert merupakan lawan dari kepribadian Ekstrovert. Individu Introvert cenderung kurang gembira. Kurang energi dan aktifitasnya rendah, mereka cenderung tenang dan menarik diri dari lingkungan.Sosiodrama merupakan suatu tehnik memecahkan masalah melalui kegiatan bermain peran. Sosiodrama merupakan suatu teknik memecahkan masalah-masalah sosial melalui kegiatan bermain peranan Djumhur dan Muh Surya (1985:109). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif rancangan penelitian pre experimental design sebagai tekniknya one group pre-test and post-test design. Pelaksanaan rancangan penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan perlakuan kepada sekelompok individu melalui pemberian pre-test berupa angket keterampilan komunikasi, treatment berupa cerita pendek melalui sosiodrama, dan post-test berupa angket keterampilan komunikasi. Proses analisis data mengunakan analisis uji wilcoxson. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah, keterampilan komunikasi siswa berkepribadian introvert menunjukan peningkatan, rata – rata memiliki kemampuan keterampilan komunikasi sedang menjadi tinggi setelah diberikanya sosiodrama. Metode sosiodrama efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa berkepribadian introvert kela X SMA N 1 Loceret. Atas dasar penelitian yang telah dilakukan, maka direkomendasikan bagi konselor untuk lebih kreatif dalam menagani permasalahan siswa dan dapat mengunakan sosiodrama untuk menyelesaikan permasalahan siswa yang berbeda. Kata Kunci : metode sosiodrama, keterampilan komunikasi siswa berkepribadian introvert.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI