SISTEM INFORMASI KUESIONER LAYANAN PUBLIK MENGGUNAKAN METODE SCORING


Author (Penulis)

YONI HARIYONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.03.03.0267

Abstract

Abstract Yoni Hariyono: Sistem Informasi Kuesioner Pelayanan Publik Menggunakan Metode Scoring, Skripsi, Sistem INFormasi, FT UNP Kediri, 2016. Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri lebih mendekatkan dan meningkatkan pelayanan public kepada masyarakat. Salah satu upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan publik tersebut adalah dengan melakukan evaluasi untuk menilai kinerja pelayanan. Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah (1) Bagaimana mengembangkan sistem informasi untuk mengukur Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan pada Dinas Perhubungan Kediri? (2) Bagaimana mengembangkan Indeks Kepuasan Masyarakat dengan menggunakan Metode Penilaian atau Scoring?. Tujuan Dalam Penelitian ini adalah (1) Untuk mengembangkan sistem informasi untuk mengukur Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan pada Dinas Perhubungan Kediri (2) Untuk mengembangkan Indeks Kepuasan Masyarakat dengan menggunakan Metode Penilaian atau Scoring, Dalam mencapai kualitas layanan tersebut, maka metode penilaian atau scoring yang berbasis sistem informasi dapat digunakan sebagai acuan dari suatu penilaian pelayanan. Penyelenggara pelayanan akan lebih mudah mengetahui begaimana mutu dari pelayanan yang selama ini diberikan kepada masyarakat selaku pengguna jasa pelayanan, dengan melihat hasil nilai atau score yang telah dihimpun dari beberapa responden yang ada. Mengacu pada ketentuan mutu pelayanan yang ada, pelaku Dinas Perhubungan dapat melihat dan mengerti bagaimana harapan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan selama ini. Dengan dibangunnya sistem informasi pengelolaan indeks kepuasan masyarakat yang menggunakan metode penilaian (scoring), diharapkan dapat mengidentifikasikan harapan masyarakat pengguna pelayanan tersebut. Dari hasil pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Kuesioner terhadap layanan publik dengan metode scoring dapat diambil kesimpulan, yaitu tersedianya sistem pengelolaan dalam mengukur Indeks Kepuasan Masyarakat untuk mengetahui perubahan pada tahun berikutnya Kata kunci : Pelayanan Publik, Sistem Informasi Kuesioner, Metode Scoring

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI