PERANCANGAN SISTEM INFORMASI UNTUK MEMPREDIKSI PENJUALAN PRODUK COCA COLA DI ALFAMART MENGGUNAKAN METODE TREND MOMENT
Author (Penulis)
MUHAMAD FERY DWI P.
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.03.03.0175
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil dari pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa prediksi penjualan Coca-Cola di Alfamart masih menggunakan metode yang manual, sehingga efektifitas dari pemesanan produk Coca-Cola tersebut kurang maksimal. Hal tersebut nampak dari produk yang sering melebihi stok di toko dan bisa mengalami kerugian yang banyak. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana merancang suatu model aplikasi sistem informasi prediksi penjualan Coca-Cola menggunakan metode Trend Moment?. (2) Apakah dengan aplikasi tersebut dapat membantu staf toko (admin) dalam menganalis hasil prediksi dengan cara yang lebih tepat dibandingkan dengan cara manual?. Penelitian ini berdasarkan hasil survey dan observasi di Alfamart Mrican. Dari pihak toko pun data-data penjualan produk Coca-Cola didapatkan melalui survey. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Agar perancangan sistem informasi ini dapat membantu Alfamart Mrican dalam memprediksi penjualan produk Coca Cola dengan perhitungan dan logika yang tepat dan akurat. (2) Agar perancangan sistem informasi yang dibuat dapat berjalan sesuai dengan rancangan awal pembuatan program ini. Berdasarkan hasil simpulan prediksi penjualan produk Coca-Cola tersebut di harapkan agar mampu menjadi lebih baik, serta program yang akan di gunakan mampu bekerja sebaik-baiknya dan maksimal dalam penggunaanya serta efektif.