RANCANG BANGUN CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) UNTUK PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN PADA WILDAN SALON DAN WEDDING PARTY


Author (Penulis)

ERMI PRASTIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.03.03.0093

Abstract

ABSTRAK Wildan Salon dan Wedding Party merupakan sebuah usaha bisnis di bidang jasa yang terletak di Kota Pare-Kediri. Strategi bisnis yang terdapat pada WILDAN Salon dan Wedding Party belum berjalan dengan baik karena proses pemasaran dan pendataannya masih manual. Akibatnya promo dan jasa yang tersedia tidak dapat tersalurkan sesuai target, yaitu untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Sehingga, konsumen yang mungkin kurang puas dengan pelayanan tersebut, akhirnya memutuskan beralih ke salon dan wedding party lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan strategi bisnis CRM (Customer Relationship Management), dimana strategi ini dapat mendatangkan banyak keuntungan terutama untuk peningkatan loyalitas pelanggan. Penelitian ini juga menggunakan metode pengembangan RAD (Rapid Application Development) yang tahapan kerjanya mudah dan cepat untuk dipakai oleh user/penggunanya. Hasil implementasi dari penelitian ini berupa sistem berbasis web dan SMS Gateway yang langsung bisa diakses admin kepada konsumen Wildan salon dan wedding party. Kata Kunci : CRM, RAD, Web, SMS Gateway.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-11

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI