RANCANG BANGUN CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) UNTUK PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN PADA WILDAN SALON DAN WEDDING PARTY
Author (Penulis)
ERMI PRASTIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.03.03.0093
Abstract
ABSTRAK
Wildan Salon dan Wedding Party merupakan sebuah usaha bisnis di bidang jasa yang terletak di Kota Pare-Kediri. Strategi bisnis yang terdapat pada WILDAN Salon dan Wedding Party belum berjalan dengan baik karena proses pemasaran dan pendataannya masih manual. Akibatnya promo dan jasa yang tersedia tidak dapat tersalurkan sesuai target, yaitu untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Sehingga, konsumen yang mungkin kurang puas dengan pelayanan tersebut, akhirnya memutuskan beralih ke salon dan wedding party lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan strategi bisnis CRM (Customer Relationship Management), dimana strategi ini dapat mendatangkan banyak keuntungan terutama untuk peningkatan loyalitas pelanggan. Penelitian ini juga menggunakan metode pengembangan RAD (Rapid Application Development) yang tahapan kerjanya mudah dan cepat untuk dipakai oleh user/penggunanya. Hasil implementasi dari penelitian ini berupa sistem berbasis web dan SMS Gateway yang langsung bisa diakses admin kepada konsumen Wildan salon dan wedding party.
Kata Kunci : CRM, RAD, Web, SMS Gateway.