PENERAPAN METODE APRIORI ASOSIASI TERHADAP PENJUALAN PRODUCT COSMETIC UNTUK MENDUKUNG STRATEGI PENJUALAN
Author (Penulis)
RESIANA NATHASYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.03.02.0305
Abstract
ABSTRAK
Strategi-strategi penjualan yang dapat menjamin kelangsungan bisnis dalam meningkatkan nilai penjualan .Contoh stategi penjualan yang diterapkan pada toko kosmetik adalah menggunakan strategi penjualan paket produk kosmetik,dengan menggunakan strategi tersebut costumer yang tadinya hanya membeli satu barang menjadi membeli dua atau sampai tiga barang sekaligus dengan ketentuan dan syarat yang berlaku pada toko tersebut.
Untuk itu pada penulisan ini dikembangkan aplikasi rekomendasi menggunakan metode apriori asosiasi untuk mengekstraksi dan menginterpretasi pola - pola pada transaksi penjualan kosmetik. Algoritma apriori ini membentuk frequent itemset sebanyak yang telah ditentukan sebelumnya berdasarkan dua parameter, support dan confidence, untuk menemukan aturan asosiasi antara suatu kombinasi item.