PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN KEMASAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRIA PEROKOK SURYA 12 GUDANG GARAM FILTER (Studi Kasus pada Masyarakat di Desa Sambiresik Kabupaten Kediri)


Author (Penulis)

ANGGRAINI CITRA KUSUMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0333

Abstract

ABSTRAK Anggraini Citra Kusuma : Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kemasan terhadap Kepuasan Konsumen Pria Perokok Surya 12 Gudang Garam Filter (Studi Kasus pada Masyarakat di Desa Sambiresik Kabupaten Kediri), Skripsi, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Juli 2015. Kata kunci : citra merek, harga, kemasan, dan kepuasan konsumen. Persaingan usaha saat ini tumbuh dengan begitu pesat merambah ke segala sektor, sehingga banyak pesaing yang masuk untuk mengisi sektor kosong baik dari sisi perdagangan produk maupun jasa. Salah satunya adalah persaingan bisnis yang semakin ketat yang mengakibatkan perubahan perilaku konsumen di dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu produk. Salah satu sektor bisnis yang sedang bersaing saat ini adalah produksi rokok, karena dewasa ini perusahaan rokok baik yang besar ataupun yang kecil (home industri) sudah berada dimana-mana. Dengan begitu dapat dikatakan perusahaan rokok sekarang ini bersaing dengan ketat agar dapat meraih tujuannya. Maka para pengusaha dituntut melakukan terobosan-terobosan untuk meraih kepuasan konsumen, diantaranya adalah membuat citra yang baik dibenak konsumen, penetapan harga, dan membuat menarik suatu kemasan dalam meraih kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek, harga, dan kemasan terhadap kepuasan konsumen pria Perokok Surya 12 Gudang Garam Filter di Desa Sambiresik Kabupaten Kediri baik secara parsial maupun simultan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah stratified random sampling, dari 678 populasi penduduk Desa Sambiresik Kabupaten Kediri yang berjenis kelamin laki-laki diambil sebanyak 68 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan uji statistik secara simultan (uji F). Hasil uji secara parsial (uji t) maupun secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa citra merek, harga, dan kemasan mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, disarankan untuk PT. Gudang Garam Tbk Kediri harus terus menjaga citra positif yang selama ini diraih agar pelanggan mempunyai persepsi bahwa PT. Gudang Garam Tbk Kediri tidak akan mengecewakan pelanggannya, sehingga hal tersebut memicu pelanggan memilih PT. Gudang Garam Tbk Kediri sebagai perusahaan bidang rokok yang baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-20

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI