Pengaruh Lokasi, Harga, dan Keragaman Produk terhadap Keputusan Pembelian di Mekar Swalayan Jalan Mataram 180 Kediri
Author (Penulis)
ANA LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0108
Abstract
ABSTRAK
Kejenuhan pasar yang disebabkan semakin ketatnya persaingan bisnis yang ada, terutama persaingan yang berasal dari perusahaan sejenis menyebabkan turunnya intensitas pembelian oleh konsumen yang secara otomatis juga menyebabkan turunnya profitabilitas swalayan. Hal ini juga dialami oleh Mekar Swalayan. Untuk memperoleh profitailitas yang tinggi, perlu adanya upaya untuk meningkatkan keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen karena pembelian adalah kunci profitabilitas. Dalam penelitian ini penulis menggunakan lokasi, harga, dan keragaman produk sebagai variabel independen yang akan diteliti bagaiman pengaruhnya terhadap keputusan pembelian.
Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, diperoleh data dari penyebaran kuesioner 96 konsumen Mekar Swalayan, yang diperoleh dengan menggunakan Accidental Random Sampling. Metode pengolahan data menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel lokasi, harga, dan keragaman produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Adjusted R Square sebesar 62,3%, sedangkan sisanya sebesar 37,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui.
Dalam penelitian ini juga diketahui secara parsial variabel lokasi, harga, dan keragaman produk berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan variabel lokasi, harga, dan keragaman produk berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.
Kata Kunci: Profitabilitas, lokasi, harga, keragaman produk, keputusan pembelian.