PENGARUH IKLAN TELEVISI DAN TAGLINE TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK MINUMAN SERBUK INSTAN NUTRISARI DI DESA TULUNGREDJO KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

ROBERTO RIKY MULYA UTAMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0080

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, Dimana persaingan bisnis yang semakin meningkat mendorong para produsen untuk lebih kreatif dan inovatif lagi dalam mengembangkan produk-produknya, dan tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia sehari-hari adalah produsen minuman. Minuman tersedia dalam berbagai jenis, bentuk, dan macam yang beragam. Penetapan merek menjadi isu utama yang terpenting dalam strategi pemasaran produk, khususnya dalam hal iklan, promosi dan kemasan yang memerlukan biaya yang sangat besar, nama merek yang baik dapat menambah keberhasilan suatu produk. Agar menarik perhatian, iklan televisi diusahakan untuk dibuat semirip mungkin dengan kejadian – kejadian kehidupan nyata, dimana masyarakat yang menjadi sasarannya. Penggunaan tagline dalam iklan televisi sudah merupakan hal yang lazim dan banyak dilakukan. Diharapkan dengan tagline tersebut mampu memberikan kesan mendalam yang mudah diingat dalam benak konsumen. Tagline yang terlalu panjang pun akan semakin sulit untuk diingat oleh konsumen-konsumenya. Permasalahan penelitian ini adalahn (1) Bagaimana pengaruh iklan televisi terhadap keputusan membeli minuman serbuk instan Nutrisari di wilayah Pare kabupaten Kediri ? (2) Bagaimanakah pengaruh tagline terhadap keputusan membeli minuman serbuk instan Nutrisari di wilayah Pare kabupaten Kediri ? (3) Bagaimana pengaruh iklan televisi dan tagline terhadap keputusan membeli minuman serbuk instan Nutrisari di wilayah Pare kabupaten Kediri ? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research atau penelitian penjelasan. Penelitian Explanatory adalah suatu metode penelitian yang bermaksud menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungan kausal antara variabel satau dengan yang lain melalui pengujian hipotesis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan alat bantu menggunakan wawancara dan kuisioner. Dalam penelitian ini yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yaitu upaya untuk memecahkan masalah penelitian dengan menggunakan perhitungan dan rumus-rumus, Sedangkan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari responden Kesimpulan dari hasil penelitian mengenai pengaruh iklan tv dan tagline terhadap keputusan membeli produk minuman serbuk instan Nutrisari, Iklan televisi dan Tagline berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan Membeli produk minuman serbuk instan Nutrisari masyarakat di wilayah Pare Kabupaten Kediri. Hal ini berarti iklan produk yang ditayangkan di televisi yang unik, menarik dan mudah diingat mampu mempengaruhi konsumen untuk membeli produk Nutrisari.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI