PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI MELALUI FACEBOOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN WANITA PADA MAHASISWI PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNP KEDIRI
Author (Penulis)
DINA FRASTIANA SANTOSO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0025
Abstract
ABSTRAK
Persaingan di dunia bisnis online saat ini terbilang sangat ketat dan penuh persaingan. Para pelaku bisnis online memiliki banyak cara untuk memasarkan produknya dan menarik konsumen untuk membeli barang di toko online tersebut. Untuk menarik minat konsumen produk yang ditawarkan maka dibutuhkan adanya keragaman produk yang tersedia dibandingkan dengan pesaingnya, kualitas produk yang bermutu, dan juga promosi yang menarik yang ditawarkan sehingga mempengaruhi minat konsumen untuk mencoba mengkonsumsi produk tersebut dan melakukan pembelian ulang. Kepuasan kepada pelanggan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan oleh pemilik bisnis online.
Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan program SPSS Versi 20. Untuk mendapatkan interpretasi yang baik dari penelitian ini maka sampel yang diteliti ditetapkan sebanyak 70 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan purposive simply. Sampel yang digunakan 70 mahasiswi program studi manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri yang pernah berbelanja di online shop melalui facebook.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tiga variabel independen yaitu keragaman produk, kualitas produk dan promosi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian pakaian wanita. Hasil pengujian regresi berganda semua variabel independen (keragaman produk,kualitas produk dan promosi) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Pengaruh positif terbesar terhadap keputusan pembelian pakaian wanita pada mahasiswi program studi manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri adalah pada variabel keragaman produk dengan koefisien 0,490, kemudian diikuti oleh variabel kualitas produk dengan koefisien 0,304, sedangkan variabel yang berpengaruh paling rendah yaitu variabel promosi dengan nilai koefisien 0,186.
Kata Kunci : keragaman produk, kualitas produk, promosi, keputusan pembelian