PENGARUH SIZE, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN LIKUIDITAS TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2013


Author (Penulis)

TRINANDA JELITA DEWIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.01.0196

Abstract

PENGARUH SIZE, PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2013 Trinanda Jelita Dewiyanti 11.1.02.01.0196 Ekonomi-Akuntansi trinandajelita@gmail.com Drs. Ec. Ichsanudin. M.M. dan Andy Kurniawan, S.E., M. Ak. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Setiap perusahaan pasti memiliki orientasi untuk memperoleh laba bagi perusahaannya, untuk itu perusahaan berusaha untuk membangun nama baik di masyarakat dengan memberikan perhatiannya kepada lingkungan atau tanggung jawab sosial. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Ukuran Perusahaan (Size), Profitabilitas, Leverage, dan Likuiditas terhadap Corporate Social Responsibility. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah purposive sampling. Data sekunder diperoleh dari publikasi kinerja perusahaan yang diperoleh dari situs resmi BEI yaitu www.idx.co.id. Jumlah sampel yang di ambil sebanyak 29 perusahaan dari 37 perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di BEI selama periode 2012 s/d 2013. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial dan uji statistik secara simultan yang diuji menggunakan alat bantu SPSS. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Ukuran Perusahaan (Size), Profitabilitas, Leverage berpengaruh secara signifikan terhaap Corporate Social Responsibility. Sedangkan variabel Likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility. Hasil pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan variabel Ukuran Perusahaan (Size), Profitabilitas, Leverage, dan Likuiditas berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility. Atas hal tersebut, maka penulis menyarankan untuk memperluas ruang lingkup penelitian, sehingga jumlah sampel yang digunakan akan semakin bertambah serta menggunakan metode yang berbeda agar didapatkan hasil penelitian baru yang dapat digunakan sebagai referensi bagi penelitian selanjutnya. Kata kunci: Ukuran Perusahaan (Size), Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, dan Corporate Social Responsibility.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI