PENGARUH SIZE, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN LIKUIDITAS TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2013
Author (Penulis)
TRINANDA JELITA DEWIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.01.0196
Abstract
PENGARUH SIZE, PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2013
Trinanda Jelita Dewiyanti
11.1.02.01.0196
Ekonomi-Akuntansi
trinandajelita@gmail.com
Drs. Ec. Ichsanudin. M.M. dan Andy Kurniawan, S.E., M. Ak.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Setiap perusahaan pasti memiliki orientasi untuk memperoleh laba bagi perusahaannya, untuk itu perusahaan berusaha untuk membangun nama baik di masyarakat dengan memberikan perhatiannya kepada lingkungan atau tanggung jawab sosial. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Ukuran Perusahaan (Size), Profitabilitas, Leverage, dan Likuiditas terhadap Corporate Social Responsibility.
Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah purposive sampling. Data sekunder diperoleh dari publikasi kinerja perusahaan yang diperoleh dari situs resmi BEI yaitu www.idx.co.id. Jumlah sampel yang di ambil sebanyak 29 perusahaan dari 37 perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di BEI selama periode 2012 s/d 2013. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial dan uji statistik secara simultan yang diuji menggunakan alat bantu SPSS.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Ukuran Perusahaan (Size), Profitabilitas, Leverage berpengaruh secara signifikan terhaap Corporate Social Responsibility. Sedangkan variabel Likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility. Hasil pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan variabel Ukuran Perusahaan (Size), Profitabilitas, Leverage, dan Likuiditas berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility.
Atas hal tersebut, maka penulis menyarankan untuk memperluas ruang lingkup penelitian, sehingga jumlah sampel yang digunakan akan semakin bertambah serta menggunakan metode yang berbeda agar didapatkan hasil penelitian baru yang dapat digunakan sebagai referensi bagi penelitian selanjutnya.
Kata kunci: Ukuran Perusahaan (Size), Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, dan Corporate Social Responsibility.