PENGARUH HARGA POKOK PENJUALAN, MARJIN KONSTRIBUSI, BUDGET PENJUALAN DAN PENETAPAN HARGA BARANG TERHADAP PERENCANAAN LABA PADA PERUSAHAAN DAGANG PT PRIMA JUTA INTERNUSA DI BLITAR PERIODE 2012 s/d 2014
Author (Penulis)
SHEYLLA DEVA SURYANANDA PRADHIPTASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.01.0166
Abstract
ABSTRAK
SHEYLLA DEVA SURYANANDA PRADHIPTASARI : Pengaruh Harga Pokok Penjualan, Marjin Konstribusi, Budget Penjualan dan Penetapan Harga Barangterhadap Perencanaan Laba Pada Perushaan Dagang PT Prima Juta Internusa Di Blitar Periode 2012 s/d 2014, Skripsi, Akuntansi, FE UNP Kediri, 2015.
Kata kunci :Harga Pokok Penjualan, Marjin Konstribusi, Budget Penjualan, Penetapan Harga Barang dan Perencanaan Laba
Keberhasilan dan kelancaran perusahaan terlihat pada kemampuan manajemen dalam menjalankan dan merencanakan masa depan. Tercapainya target perusahaandapat diartikan bahwa tercapainya perencanaan laba perusahaan. Perencanaan Laba merupakan salah satu cara perusahaan dalam melakukan pengawasan dan pengendalian dalam menjalankan aktifitas perusahaan yang akan berpengaruh pada pengambilan keputusan dan alternatif strategi jangka pendek dan jangka panjang perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang bagaimana pengaruh perencanaan laba perusahaan yang difokuskan pada Harga Pokok Penjualan, Marjin Konstribusi, Budget Penjualan dan Penetapan Harga Barang.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Jenis data yang digunakan adalah primer dan diperoleh berdasarkan hasil observasi dan wawancara langsung pada bagian manajer dan administrasi PT Prima Juta Internusa di Blitar sampel sebanyak 12 bulan selama 3 tahun. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan tingkat kepercayaan 5%. Uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji pengaruh secara parsial serta F-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama-sama yang diuji menggunakan SPSS v.22 for windows. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi.
Hasil yang diperoleh di dalam penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel Harga Pokok Penjualantidak berpengaruh signifikan terhadap Perencanaan Laba dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 yaitu sebesar 0,002. Variabel Marjin Konstribusi berpengaruh signifikan terhadap Perencanaan Laba dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,004. Variabel Budget Penjualan berpengaruh signifikan terhadap Perencanaan Laba dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,003. Variabel Penetapan Harga berpengaruh signifikan terhadap Perencanaan Laba dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Sedangkan secara simultan variabelHarga Pokok Penjualan, Marjin Konstribusi, Budget Penjualan dan Penetapn Harga Barang berpengaruh signifikan terhadap Perencanaan Laba dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000.