ANALISIS PENDEKATAN COST-PLUS DALAM PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK ROTI KACANG PADA PERUSAHAAN ROTI ORION KEDIRI PERIODE 2012-2014
Author (Penulis)
DEA NOVITA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.01.0133
Abstract
ABSTRAK
Dea Novita Sari: Analisis Pendekatan Cost Plus Dalam Penentuan Harga Jual Produk Roti Kacang Pada Perusahaan Roti Orion Kediri Periode 2012 – 2014, Skripsi, Akuntansi, FE UNP Kediri, 2015.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Cost Plus dalam penentuan harga jual pada perusahaan Roti Orion Kediri. Cost Plus adalah metode penetapan harga jual dengan cara menambahkan laba yang diharapkan di atas biaya-biaya di asa yang akan datang. Dalam penelitian ini di dalam menentuan harga jual menggunakan metode cost plus dengan pendekatan variable costing.
Teknik penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif adalah penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui keadaan, kondisi, atau hal-hal lain yang disebutkan dan hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian. Subyek penelitian ini adalah perusahaan Roti Orion Kediri. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan pendekatan variable costing.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa untuk produk roti diperoleh dengan harga per unit pada periode 2012 - 2014 adalah Rp. 3000,-.
Atas kesimpulan tersebut di atas, maka peneliti memberikan saran untuk meningkatkan laba bagi perusahaan, perusahaan harus berani melakukan inovasi produk lagi sehingga produk yang dihasilkan tidak hanya dua varian saja melainkan biasa lebih banyak lagi. Mengingat biaya overhead dan biaya nonproduksi yang dikeluarkan perusahaan, maka dari itu perusahaan harus benar-benar bisa melakukan efisiensi biaya sehingga biaya yang telah dikeluarkan bener-bener memberikan manfaat bagi perusahaan.
Kata kunci : Cost Plus, Variable Costing