MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA MULIA IV POGAR KECAMATAN BADAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

ISROFIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0899

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan membaca yang masih rendah, sehingga hasil belajar anak juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan metode kartu kata meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B TK Kusuma Mulia IV Pogar. Subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Kusuma Mulia IV Pogar Kecamatan Badas Kabupaten Kediri, yang berjumlah 17 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 3 siklus. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik penugasan dan tehnik observasi. Metode analisis data yang digunakan pendekatan kualitatif untuk data pelaksanaan tindakan dan pendekatan kuantitatif untuk hasil belajar. Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan membaca anak meningkat. Hal ini dapat dilihat pada kenaikan presentase hasil belajar anak yang terjadi pada kondisi awal dari 17 siswa yang mampu dalam membaca hanya 6 anak (36%), pada tindakan siklus I meningkat jadi 7 anak (42%), pada tindakan siklus II meningkat jadi 10 anak (64%) dan pada tindakan siklus III meningkat jadi 13 anak (76%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode bermain kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B TK Kusuma Mulia IV Pogar Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Untuk guru TK, untuk maksud yang sama yaitu upaya pengembangan kemampuan membaca, apa yang sudah peneliti lakukan bisa dilakukan pilihan tindakan. (2) Untuk kepala TK, mengingat jumlah media kartu kata yang ada di TK Kusuma Mulia IV Pogar yang masih terbatas, hendaknya jumlah media kartu kata ditambah. Kata Kunci : Media Kartu Kata, Kemampuan Membaca Permulaan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI