MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA BENDA-BENDA ALAM PADA ANAK KELOMPOK B PAUD ZAMZAM JAJAR WATES KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
FITRI ARIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0828
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa disebabkan penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat, penggunaan media pembelajaran yang kurang sesuai dengan perkembangan usia anak, suasana belajar mengajar yang kurang kondusif, dimana anak kurang respon terhadap materi yang disampaikan guru sehingga membuat kondisi kelas yang terkesan tidak terkontrol atau kurang kondusif.
Permasalahan penelitian ini Apakah penggunaan media benda-benda alam dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B PAUD Zam-ZamJajar Kecamatan Wates Kabupaten Kediri?
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B PAUD Zam-ZamJajar Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan lembar penilaian kemampuan anak, lembar observasi aktifitas anak, lembar observasi aktifitas guru.
Hasil pelaksanaan proses pembelajaran berhitung ini menunjukkan bahwa anak mulai dapat berhitung dengan baik dari siklus I, II dan siklus III semakin meningkat. Proses kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif, hasil ketuntasan kemampuan berhitung pada siklus I sebesar 35%, siklus II sebesar 65%, dan siklus III sebesar 85%. sehingga hasil belajar anak dalam proses kegiatan tersebut telah mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan sebagai berikut penggunaan media bahan-bahan alam dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada aspek berhitung padaanak kelompok B PAUD Zam-ZamJajar Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, maka hipotesis diterima
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan tujuan pokok media bahan-bahan alam adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitunganak kelompok B PAUD ZamzamJajar Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Oleh karena itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus berupaya semaksimal mungkin melatih dan membina kepada anak, sehingga terciptanya perkembangan kognitif yang optimal.
Kata kunci : Kemampuan berhitung, benda-benda alam..