MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN BERYANYI PADA ANAK KELOMPOK A PAUD TUNAS HARAPAN SRLOPANGGUNG KECAMATAN SEMEN KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

KRISTINA DAMAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0813

Abstract

Penerapan pengembangan kemampuan motrik kasar anak di kelompok A bertujuan untuk membantu supaya anak dapat mengembangkan sikap dan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Dalam pelaksanaan proses kegiatan motorik kasar melalui beryanyi secara umum anak dapat menunjukan minat dan pemahaman terhadap kegiatan pembelajaran sosialisasi dengan teman sebaya dalam proses kegiatan dan anak dapat mengerti hal-hal yang belum di mengerti Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan motorik kasar anak meningkat, hal ini tampak pada jumlah anak yang mencapai ketuntasan dimana pada siklus I mencapai 45% yang dikategorikan kurang, siklus II menjadi 67% yang dikategorikan baik, pada siklus III 90%, yang dikategorikan sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kegiatan beryanyi dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A PAUD Tunas Harapan Selopanggung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI