MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PAPAN LOTTO PADA ANAK DIDIK KELOMPOK A TK SAKANIRA II SUMBERLUMBU KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

YUNTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0667

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini sangatlah penting, namun sekarang masih banyak yang hanya membaca langsung tidak menggunakan media. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan anak cepat bosan. Hal itu nampak dari kemauan belajar anak yang rendah, dan hasil belajarnya juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah penggunaan media papan lotto dalam pembelajaran membaca permulaan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak TK Sakanira II Sumberlumbu Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri ? Metode perbaikan menggunakan beberapa tahapan yaitu tahapan perencanaan tindakan, observasi dan refleksi dengan 3 siklus, sedangkan subyek atau sasaran penelitiannya adalah anak Taman Kanak-kanak kelompok A sebanyak 15 anak didik. Kesimpulan dari perbaikan ini setelah dianalisis adalah adanya peningkatan baik dari segi proses kegiatan guru maupun perkembangan kemauan membaca permulaan dari siklus I sebesar 53,3%, siklus II sebesar 73,4% dan siklus III sebesar 93,3%, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini, dapat diterima. Kata kunci : Media papan lotto, kemampuan membaca permulaan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI