MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE BERNYANYI DENGAN HURUF DAN KATA PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA 1 SIDOMULYO KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

ENDANG SULISTYONINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0640

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca permulaan anak yang masih kurang, sehingga hasil belajar anak juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah pembelajaran mengembangkan melalui metode bernyanyi huruf dan kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak?” Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Dharma Wanita 1 Sidomulyo Kecamatan Wates Kabupaten Kediri dan dilaksanakan dalam 3 siklus. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak melalui metode bernyanyi huruf dan kata. Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan membaca permulaan pada anak meningkat, hal ini tampak pada anak yang mencapai ketuntasan pada siklus I yaitu 20%, siklus II menjadi 47%, dan meningkat pada siklus III menjadi 80% . Kesimpulan dari penelitian ini adalah bernyanyi huruf dan kata dapat mengembangkan kemampuan membaca pada anak kelompok A TK Dharma Wanita 1 Sidomulyo Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI