MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PAPAN PINTAR PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN KELOMPOK BERMAIN CERIA GERDU SEHATI KELURAHAN LIRBOYO KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
DIANA WIDAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0638
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan membaca permulaan di kelompok bermain masih relatif rendah terutama dalam mengenal huruf hal ini disebabkan karena media yang diberikan kurang menarik perhatian anak. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari anak kesulitan mengeja dan mengingat huruf yang dibaca.
Permasalahan penelitian ini adalah Apakah penggunaan media papan pintar dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 3-4 tahun ?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian pada anak usia 3-4 tahun Kelompok Bermain Ceria Gerdu Sehati Kelurahan Lirboyo. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH,RPP, lembar observasi anak, lembar evaluasi, media papan pintar.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah tindakan pembelajaran melalui media papan pintar dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 3-4 tahun Kelompok Bermain CERIA Gerdu Sehati Kelurahan Lirboyo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima.
Kata kunci: Membaca Permulaan, Media Papan Pintar.