MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA STICK ALFABET PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BANGAU PUTIH KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

QUROTUL AINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0492

Abstract

ABSTRAK QUROTUL AINI : Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Stick Alfabet pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bangau Putih Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014 – 2015. Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Kemampuan Membaca Permulaan, Media Stick Alfabet. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pada anak kelompok B mengalami kesulitan dalam hal membaca permulaan. Hal ini disebabkan karena peran guru yang lebih mendominasi proses pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik, serta kurang tersedianya media pembelajaran yang menarik minat anak. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah penerapan media Stick Alfabet dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bangau Putih Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung ?” Penelitian ini bertujuan mengumpulkan data tentang kemampuan membaca permulaan, kemudian melakukan tindakan berupa penerapan media stick alfabet dalam pembelajaran sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian Kelompok B2 TK Aisyiyah Bangau Putih Tulungagung. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan istrumen berupa RKM, RKH, buku alat penilaian, alat bantu penilaian, buku rangkuman penilaian dan lembar observasi penilaian anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) penggunaan media stick alfabet dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan, (2) melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan media stick alfabet untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan, (3) melalui siklus tindakan pembelajaran penerapan media stick alfabet terbukti dapat meningkatkan motivasi. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Tujuan pokok penggunaan media stick alfabet untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan oleh sebab itu guru sebagai mediator harus mengutamakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, edukatif dan menyenangkan, (2) sebagai upaya untuk memotivasi guru TK agar meningkatkan kreatifitas dalam pengadaan media pembelajaran yang menarik, sehingga anak akan lebih mudah menerima materi pembelajaran yang disampaikan guru.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI