MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA KARTU STIKER ALPHABET PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA 8 PURWOREJO KECAMATAN DONOMULYO KABUPATEN MALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
RISTA ARISTYA SUNDOWO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0461
Abstract
Masalah dalam penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran membaca anak kelompok B TK DHARMA WANITA 8 Purworejo Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang masih belum sepenuhnya berjalan dengan baik , akibatnya pembelajaran membaca pada anak masih sangat rendah .
Permasalahan penelitian ini adalah : (1). Bagaimanakah penerapan pembelajaran melalui media kartu stiker alphabet pada anak kelompok B untuk meningkatkan motivasi dan belajar anak ? (2). Penerapan kartu stiker alphabet sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca pada anak dapat menigkatkan kualitas pembelajaran ?
Penelitian ini dilakukan pada anak Kelompok B TK Dharma Wanita 8 Purworejo Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang, penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian tindakan model Kemmis dan Taggart (dalam Hopkinss 1993). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data digunakan dalam penelitian adalah analisis refleksi berdasarkan siklus – siklus. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah : melalui siklus tindakan Pembelajaran Melalui Media Kartu Stiker Alphabet pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita 8 Purworejo Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang terbukti dapat meningkatkan kemapuan menbaca. Sehingga, hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima.
Berdasarkan temuan penelitian dan kesimpulan dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca, maka dapat disarankan : guru hendaknya menggunakan berbagai media bervariasi sebagai suatu cara untuk memotifasi anak dalam pembelajaran.
.
Kata Kunci : Metode Bermain, Media Kartu Stiker Alphabet, Membaca