PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA SISWA KELOMPOK B DI BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH BUNGUR I KECAMATAN TULAKAN KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SUDARMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0273

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada siawa kelompok B di Bustanul Athfal Aisyiyah Bungur 1 Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2014/2015 Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari dan Maret 2015 dalam dua siklus. Tiap siklus dua kali pertemuan dengan waktu 300 menit. Penelitian dilakukan dengan menerapkan Strategi pembelajaran Index Card Match. Data penelitian diambil menggunakan teknik tes, observasi dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembar hasil belajar dan lembar observasi. Lembar hasil belajar digunakan untuk mencatat data kuantitatif berupa hasil belajar siswa sebelum siklus dan sesudah siklus. Lembar observasi digunakan untuk mencatat data kualitatif berupa pengamatan tentang partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran sebelum siklus dan sesudah siklus. Analisis data menggunakan teknik deskriptif analitik. Data kuantitatif dari lembar hasil belajar diolah menggunakan analisis persentase. Data kualitatif dari lembar observasi, diklasifikasikan berdasarkan aspek-aspek yang dijadikan fokus analisis. Data kuantitatif dan data kualitatif kemudian dikaitkan sebagai dasar untuk mendeskripsikan keberhasilan penerapan berbagai media pembelajaran, yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar konsep bilangan dan perubahan partisipasi (tingkah laku siswa di kelas) yang menyertainya. Indikator kinerja dari data kuantitatif ditetapkan kriteria bahwa semakin meningkat perolehan hasil belajar konsep bilangan para siswa pada kategori diatasnya menunjukkan kriteria peningkatan kualitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sampai siklus III.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI