MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DINI DENGAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD DI KELOMPOK BERMAIN TUNAS HARAPAN BANGSA KECAMATAN NAWANGAN KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

LAILATUL MUSFIROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0266

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi dan penelitian yang dilakukan kepada anak Kelompok Bermain Tunas Harapan Bangsa Kecamatan Nawangan, Kebupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2014/2015, yaitu para guru mengajarkan anak-anak membaca dengan cara memaksakan atau tidak mengikuti tahap perkembangan bahasa anak. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran yang dilakukan belum berkembang secara maksimal. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Apakah dengan menggunakan media Flash Card dapat meningkatkan kemampuan membaca anak di Kelompok Bermain Tunas Harapan Bangsa Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan? (2) Apakah media Flash Card dapat mengubah strategi guru dalam pembelajaran di Kelompok Bermain Tunas Harapan Bangsa Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok Bermain Tunas Harapan Bangsa Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdapat dua tahap, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, Instrumen Penilaian Observasi dan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan media Flash Card melalui metode bercerita dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca dini pada anak Kelompok Bermain Tunas Harapan Bangsa Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal tersebut dapat dilihat dengan perkembangan prosentase sebelum kegiatan dan setelah siklus I, siklus II dan siklus III. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini baik untuk pengajar agar tidak terbatas pada pengembangan satu aspek, Untuk lembaga kedepannya dapat dijadikan pedoman tidak hanya secara teori dan untuk penelitian selanjutnya dapat dijadikan salah satu bahan rujukan menuju perbaikan dalam perkembangan penelitian selanjutnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI