MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-15 MELALUI MEDIA BIJI-BIJIAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DARMA WANITA DESA I DERSONO KECAMATAN PRINGKUKU KABUPATEN PACITAN


Author (Penulis)

FIKA SEPTY RATNASANDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0262

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Membilang di PAUD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah melalui media biji-bijian mampu meningkatkan kemampuan membilang pada anak? Peneliti ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak-anak TK Darma Wanita I Desa Dersono. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKH, lembar observasi dan tes hasil belajar anak. Hasil prosentase dari ketuntasan per siklus sebagai berikut: 1. Prosentase siklus I (tuntas 7 anak 46,67% dan belum tuntas 8 anak 53,33%) 2. Prosentase siklus II tuntas 10 anak 62,5% dan belum tuntas 6 anak 37,5%) 3. Prosentase siklus III (tuntas 14 anak 87,5% dan belum tuntas 2 anak 12,5%). Kriteria ketuntasan belajar minimal 75%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah melalui siklus tindakan pembelajaran melalui media biji-bijian dapat meningkatkan kemampuan membilang anak. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan dari pembelajaran melalui media biji-bijian adalah untuk meningkatkan kemampuan membilang anak. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan kreatifitas dan proses yang mendukung terciptanya suasana yang menyenangkan dalam pembelajarannya. (2) Guru masih harus meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran melalui media biji-bijian sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik anak

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI