MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG BILANGAN 1 - 10 MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA KELOMPOK A DI BA AISYIYAH PAGERKIDUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
ANI MERTA ARNIS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0251
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa rendahnya kemampuan berhitung anak di BA AISYIYAH Pagerkidul Kelompok A di karenakan kurangnya metode yang diterapkan oleh guru. Akibat suasana kelas monoton, pasif, dan tidak menyenangkan bagi anak. Hal tersebut nampak dari motifasi belajar siswanya rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah bermain kartu angka bergambar dapat di pahami oleh anak dengan kegiatan berhitung di Busthanul Adfal Aisyiyah Pagerkidul Kecamatan Sudimoro? Peneliti ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitan siswa BA Aisyiyah Pagekidul kelompok A. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa RKH. penerapan pembelajaran kognitif untuk mengembangkan berhitung bilangan pada anak. (2) melalui siklus tindakan pembelajaran kognitif dalam mengembangkan berhitung anak dengan media kartu angka bergambar. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) tujuan pokok pengunaan pembelajaran kongitif adalah untuk mengembangakan kemampuan berrhitung. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran, harus mengutamakan proses yang medukung terciptanya suasana pembelajaran. (2) guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakan pembelajaran kognitif sesuai dengan kemampuan siswa. Kesimpulan hasil penelitian adalah melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah efektif. Penerapan permainan kartu angka bergambar dalam pembelajaran terbukti dapat menggembangkan kemampuan berhitung bilangan 1-10 pada anak kelompok A BA Aisyiyah Desa Pagerkidul Kecamatan Sudimoro kabupaten Pacitan Tahun ajaran 2014-2015.