MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI PERMAINAN RODA PUTAR PADA ANAK KELOMPOK USIA 3-4 TAHUN PAUD PKK PURWODADI KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

IMRO\'ATUS SHOLEHAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0250

Abstract

Mengembangkan kemampuan mengenal bilangan pada anak kelompok usia 3-4 tahun PAUD PKK Purwodadi Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri, Skripsi PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kegiatan mangenal bilangan di PAUD PKK Purwodadi belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Kegiatan mengenal bilangan di PAUD PKK Purwodadi, anak cenderung hanya menghafalkan nama-nama bilangan tanpa mengetahui bentuk dari bilangan / angka itu sendiri. Rumusan masalah adalah : Apakah permainan roda putar dapat mengembangkan kemempuan mengenal bilangan anak kelompok usia 3-4 tahun PAUD PKK Purwodadi Kecamatan RinginrejoKabupaten Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak Kelompok usia 3-4 tahun PAUD PKK Purwodadi Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana Kegiatan Harian, Lembar Observasi. Dari hasil pelaksanaan proses kegiatan pembelajaran mengenal bilangan dengan permaian roda putar dapat disimpulkan bahwa melalui permaianan roda putar dapat mengembangkan kemampuan mengenal bilangan pada anak kelompok usia 3-4 tahun PAUD PKK Purwodadi Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini, diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI