MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA STIKER ALFABET DENGAN METODE FONIK PADA ANAK TK B TK ABA DUSUN KALINANAS DESA KALIPANG KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

JAMIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0240

Abstract

Pengunaan metode fonik dan pemberian tugas diharapkan dapat meningkatkan aktivitas anak didik dalam proses belajar mengajar sehingga dalam proses belajar mengajar itu aktivitas belajar mengajar tidak terjadi kejenuhan, dengan demikian anak didik terlibat secara fisik, emosional, dan intelektual yang pada giliranya diharapkan konsep yang di ajarkan oleh guru dapat di pahami oleh anak didik. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: apakah melalui media stike alfabet dengan metode fonik dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak didik kelompok B?. Penelitian ini menggunakan tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan pelaksanaan, perbaikan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data meliputi pemberian tugas. Hasil perolehan pada siklus I menunjukan dari 15 anak didik ada 11 anak didik belum tuntas belajar sehingga hanya memperoleh nilai yaitu sebesar 46,66% siklus II terjadi peningkatan sedikit dari 25 anak didik sudah tuntas belajar 6 anak, diperoleh nilai ketuntasan belajar anak mencapai 58, 33% oleh karena itu perlu diulang pada siklus II. Hasil perolehan siklus III menunjukan bahwa diperoleh nilai dari 15 anak didik yang telah tuntas sebanyak 10 anak didik mencapai ketuntasan belajar. Maka secara kelaksikal ketuntasan belajar yang telah tercapai sebesar 70%. Hasil ini sesuai dengan kategori ketuntasan belajar, maka penelitian ini sudah dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode fonik dan pemberian tugas dapat meningkatkan kemapuan membaca permulaan pada anak TK B TK ABA Dusun Kalinanas, Desa Kalipang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, sehingga hipotesis diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI