MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA DADU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KEPUNG II KECAMATAN KEPUNG KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
PUJI NAFI\'AH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0215
Abstract
Berdasarkan dari hasil pengamatan yang telah dilakukan peneliti di TK Dharma Wanita Kepung II telah ditemukan bahwa pada anak usia dini mereka masih sangat rendah dalam kemampuan berbahasanya. Sehingga menjadikan anak kurang tertarik dengan kata-kata yang akan dibacanya hal ini disebabkan karena media yang digunakan guru atau pendidik kurang menarik, sehingga menjadikan anak bosan dan jenuh dengan pembelajarannya.
Dengan menggunakan media dadu kata diharapkan anak akan tertarik untuk belajar membaca kata-kata.sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak dan anak akan merasa senang.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Kepung II Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri yang berjumlah 15 anak. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat empat tahap refleksi. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah unjuk kerja.
Peningkatan kemampuan bahasa memalui media dadu kata di TK Dharma Wanita Kepung II Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri, terbukti dilihat dari hasil penelitian pada siklus I, siklus II, dan siklus III. Dengan dibuktikannya pada siklus I anak yang mendapat bintang tiga dan empat baru 2 anak (51,66 %). Pada siklua II anak yang mendapatkan bintang tiga dan empat bertambah menjadi 13 anak (73,33 %). Dan pada siklus tiga anak yang mendapat bintang tiga dan empat meningkat menjadi 15 anak (96,66 %).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah media dadu kata bergambar membawa dampak positif pada anak untuk kemampuan membacanya dan anak mulai aktif untuk melakukan membaca dengan menggunakan dadu kata bergambar.