MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BONEKA PINTAR PADA ANAK DIDIK KELOMPOK A RA BAITUL HIKMAH MARGOURIP KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
PUJIASRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0179
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membaca anak usia dini umumnya masih relatif rendah terutama dalam mengenal huruf. Hal ini disebabkan oleh media yang diberikan kurang menarik perhatian anak dan masih sering menggunakan media papan tulis dan buku bacaan sehingga anak merasa kesulitan mengeja dan mengingat huruf yang dibaca. Pembelajaran tersebut juga masih dilakukan pada anak Kelompok A RA Baitul Hikmah Margourip Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri sehingga hasil belajar kemampuan membaca masih rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah Apakah melalui penggunaan media boneka pintar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak didik kelompok A di RA Baitul Hikmah Margourip Kec. Ngancar Kab. Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A RA Baitul Hikmah Margourip. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, lembar observasi aktifitas siswa dan hasil observasi aktifitas siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah hasil analisis data menunjukkan bahwa hipotesis diterima, karena terjadi peningkatan kemampuan membaca mulai dari siklus I, silklus II, sampai dengan siklus III.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: Tujuan pokok pembelajaran dengan menggunakan media boneka pintar adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus bisa menyediakan alat permainan edukatif untuk menunjang pembelajaran membaca selain itu media boneka pintar dapat mencakup beberapa bidang pengembangan dan nantinya sambil bermain anak akan belajar.