MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI KEGIATAN BERMAIN MENGGUNAKAN KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA SEKETI KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

AGUS SUCIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0159

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kegiatan pengembangan kemampuan menyimak yang dilaksanakan pada anak kelompok A RA. Muslimat Kusuma Mulia XXII terlihat kurang mendapat respon dari anak. Hal ini terlihat dari kurangnya minat dan respon anak selama mengikuti kegiatan Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan bahasa anak dalam mengenal huruf, sehingga hasil belajar bahasa (mengenal huruf) anak tidak sesuai dengan harapan atau tergolong dalam kategori kurang. Rumusan Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan media kartu huruf melalui kegiatan bermain dapat meningkatkan kemampuan Mengenal huruf anak Kelompok A TK Dharma Wanita Seketi Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri? Metode yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek anak kelompok A TK Dharma Wanita Seketi Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, lembar observasi aktivitas guru, Penilaian hasil tes anak. Hasil penelitian pada siklus I dengan menerapkan kegiatan bermain menggunakan kartu huruf diperoleh nilai ketuntasan belajar sebanyak 45% atau ada 9 anak dari jumlah keseluruhan 20 anak sudah tuntas belajar, pada siklus II dengan menerapkan kegiatan bermain menggunakan kartu huruf diperoleh nilai ketuntasan belajar sebanyak 65% atau ada 13 anak dari jumlah keseluruhan 20 anak sudah tuntas belajar, dan pada siklus III dengan menerapkan kegiatan bermain menggunakan kartu huruf diperoleh nilai ketuntasan belajar sebanyak 85% yang ditunjukkan dengan 12 anak yang mampu tanpa bantuan guru dan 5 anak mampu tanpa bantuan guru dengan nilai sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Tindakan pembelajaran melalui media kartu huruf dapat meningkatkan Kemampuan membaca pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita Seketi Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri.Dan saran yang dapat peneliti ajukan bagi guru TK Dharma Wanita Seketi diharapkan memberikan perhatian yang lebih dalam pengembangan konsep huruf terhadap anak didik yang masih belum mampu mandiri dan bagi orang tua hendaknya ikut terlibat dalam kegiatan pengembangan Bahasa anak dalam peningkatan kemampuan mengenal huruf dengan menggunakan media kartu huruf.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-01

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI