MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ABJAD MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU KREATIF PADA SISWA KELOMPOK A PAUD AN-NUR SEMELO KECAMATAN BANDARKEDUNGMULYO KABUPATEN JOMBANG
Author (Penulis)
FEBRY DWI JAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0025
Abstract
Abstrak
FEBRY DWI JAYANTI: Meningkatkan Kemampuan Mengenal Abjad Melalui Penggunaan Media Kartu Kreatif Pada Siswa Kelompok A Paud An-Nur Semelo Kecamatan Bandar Kedungmulyo Kabupaten Jombang
Kata Kunci : Kemampuan mengenal abjad, media kartu kreatif
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan mengengenal abjad pada saat ini belum sepenuhnya terwujud pada siswa kelompok A PAUD AN-NUR SEMELO.Ada beberapa orang tua yang hanya mengandalkan pengajaran disekolah saja, sehingga kemampuan anak dalam hal mengenal abjad masih kurang, disamping itu pembelajaran yang ada disekolah masih kurang menarik bagi anak sehingga belum bisa mengingkatkan kemampuan mengenal abjad anak. Permasalahan penelitian ini adalah :Apakah penggunaan media kartu kreatif dapat meningkatkan kemampuan mengenal abjad pada siswa kelompok A Paud An-Nur Semelo Kecamatan Bandar Kedungmulyo Kabupaten Jombang ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan subjek penelitian Kelompok A PAUD AN-NUR Semelo ds. Bandarkedungmulyo Kec. Bandarakedungmulyo Jombang. Penelitian dilaksanakan Tiga siklus. Menggunakan instrument berupa lembarobservasi kegiatan pembelajaran, RKH, danlembarpenilaian.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) dalam siklus tindakan pembelajaran melalui media kartu kreatif dapat meningkatkan kemampuan mengenal abjad anak yang hasilnya dapat dilihat adanya peningkatkan dalam kegiatan mengenal abjad. (2) dalam siklus tindakan pembelajaran terbukti dengan meningkatkan kemampuan mengenal abjad melalui media kartu kreatif dapat memotivasi anak, sehinggahasilbelajaranaksemakinmeningkat.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, bahwa melalui media kartu kreatif dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal abjad pada anak kelompok A Paud Annur Semelo Ds Kayen Kec Bandarkedungmulyo Jombang, seingga hipoteses tindakan dalam penelituan ini diterima.Selanjutnya dapat disampaikan saran-saran sebagai berikut : 1.Bagi Guru :Media pembelajaran kartu kreatif ini sangat efektif bila diterapkan dalam pembelajaran sehari- hari. . 2. Bagi Kepala Sekolah: Diharapkan bagi Kepala Sekolah untuk berkenan menyediakan media kartu kreatif, karena sudah terbukti bahwa adanya media kartu kreatif dapat meningkatkan kemampuan mengenal abjad bagi anak.