MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PEMULAAN MENGGUNAKAN STRATEGI BERMAIN PAPAN ANGKA PINTAR PADA ANAK KELOMPOK A TK AR RIDWAN KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

FATATIK NUR JANNAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0023

Abstract

ABSTRAK FATATIK NUR JANNAH. 2014. Mengembangkan Kemampuan Berhitung Pemulaan Menggunakan Strategi Bermain Papan Angka Pintar Pada Anak Kelompok A Tk Ar Ridwan Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Prodi S1 PG PAUD, Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kata Kunci : kognitif, Papan Angka Pintar Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti di TK Ar Ridwan Kecamatan Mojoroto Kota Kediri kemampuan Kognitif anak masih sangat rendah. Sehingga anak tidak berminat dalam melakukan kegiatan bermain papan angka pintar. Hal ini disebabkan karena metode yang digunakan oleh pendidik monoton dan tidak menyenangkan. Penggunaan kegiatan bermain papan angka pintar diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam proses belajar mengajar di Taman Kanak-kanak, sehingga dapat memberi motivasi kepada anak untuk dapat mengembangkan keberanianya dalam bermain papan angka pintar. Tujuan penelitian ini adalah belajar menerapkan pembelajaran dengan kegiatan bermain papan angka pintar untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan 3 siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di TK Ar Ridwan kecamatan Mojoroto Kota Kediri sebanyak 20 anak. Peningkatan kemampuan Kognitif melalui kegiatan bermain papan angka pintar di TK Ar Ridwan kecamatan Mojoroto Kota Kediri terbukti dari hasil belajar yang diperoleh anak sebelum melakukan kegiatan bermain papan angka pintar. Pada siklus I, II, III terus mengalami peningkatan yaitu pra tindakan belum mencapai ketuntasan, siklus I mengalami peningkatan 4 anak (20%) yang mencapai ketuntasan, siklus II mengalami peningkatan 7 anak (35%) yang mencapai ketuntasan, siklus III meningkat 11 anak (55%) yang mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain papan angka pintar dapat diterapkan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak. Guru harus selalu membimbing dan memotivasi anak agar anak berminat melakukan kegiatan bermain papan angka pintar, dimana bermain papan angka pintar juga dapat mengembangkan kemampuan kognif anak dalam bermain papan angka pintar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI