PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MENGIDENTIFIKASI SUMBER-SUMBER ENERGI DI LINGKUNGAN SEKITARSISWA KELAS II SDN KLEPEK KECAMATAN KUNJANG KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RINI SULISTYOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0418P

Abstract

ABSTRAK RINI SULISTYOWATI : Pengaruh Model Make a Match Terhadap Hasil Belajar Mengidentifikasi Sumber-Sumber Energi Di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas II SDN Klepek Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2014. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan di SDN Klepek tentang mengidentifikasi sumber energi. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran IPA masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional, pembelajaran yang berpusat pada guru. Siswa diposisikan sebagai obyek yang sering di anggap tidak tahu atau belum tahu apa-apa. Siswa tidak aktif dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi merasa bosan. Permasalahannya terletak pada Bagaimana hasil belajar mengidentifikasi sumber-sumber energi di lingkungan sekitar sebelum menggunakan model pembelajaran Make a Matc, bagaimana hasil belajar mengidentifikasi sumber-sumber energi di lingkungan setelah menggunakan model pembelajaran Make a Match, adakah pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar mengidentifikasi sumber-sumber energi di lingkungan sekitar. Penelitian ini mengambil subyek penelitian siswa kelas II SDN Klepek. Penelitian ini dilakukan dalam dua kali pertemuan, menggunakan instrumen berupa RPP, dan tes. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sumber energi di lingkungan sekitar tanpa menggunakan model pembelajaran siswa kelas II Klepek Kec. Kunjang Kab. Kediri tahun pelajaran 2014/2015 dinyatakan tidak berhasil. (2) Kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sumber energi di lingkungan sekitar dengan menggunakan model pembelajaran make a match siswa kelas II SDN Klepek Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri tahun 2014/2015 dinyatakan mampu/ berhasil. (3) Ada pengaruh yang sangat signifikan dalam penggunaan model make a match terhadap hasil belajar mengidentifikasi sumber energi siswa kelas II SDN Klepek kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Dari penelitian ini diharapkan para pendidik menambah pengetahuan tentang perkembangan metode, sehingga siswa tidak bosan karena pembelajaran terpusat pada pendidik dan pendidik terbiasa hanya menggunakan metode ceramah ketika mengajar. Pengetahuan tentang media sangat penting karena media berfungsi sebagai alat bantu pendidikan yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran, make a match, hasil belajar, mengidentifikasi sumber energi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-01

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI