PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SDN KECAMATAN KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

YENI ARINA DEWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0377

Abstract

ABSTRAK YENI ARINA DEWI: “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Dengan Media Visual Terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan Antara Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan Siswa Kelas IV SDN Kecamatan Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu dan Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata kunci: model pembelajaran Think Pair Share, media visual, sumber daya alam, lingkungan Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti pada pembelajaran IPA yang masih monoton. Hal ini disebabkan masih banyak guru dalam pembelajaran, media yang biasa digunakan adalah gambar yang ada dalam buku. Padahal di buku hanya memuat beberapa gambar saja sehingga siswa kurang maksimal pengetahuannya terhadap jenis-jenis sumber daya alam serta contoh-contoh dari jenis sumber daya alam. Selain itu, guru juga tidak menggunakan model pembelajaran yang tepat. Guru cenderung hanya menggunakan metode ceramah saja, sehingga pembelajaran hanya berpusat pada guru (teacher centered) dan membuat siswa cepat bosan. Proses pembelajaran IPA harus dilaksanakan dengan model pembelajaran tertentu sesuai dengan karakteristik materi, kemampuan siswa serta melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran IPA seperti halnya praktek. Maka diperlukan sebuah model pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa, membuat siswa lebih aktif, sehingga siswa mampu menerima materi pelajaran yang guru sampaikan pada saat proses pembelajaran khususnya pada materi Hubungan Sumber Daya Alam dengan Lingkungan. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan media visual. Teknik penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yaitu penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Pendekatan penelitian dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Balowerti 2 dan kelas IV SDN Balowerti 3 sejumlah 50 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel jenuh yaitu menggunakan semua anggota populasi, dengan masing-masing kelas 25 siswa. Analisis statistik menggunakan korelasi product moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrument. Data yang digunakan dalam penelitian berupa angka-angka, sehingga analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik uji t, nilai rata-rata dari hasil belajar posttest adalah kelas kontrol sebesar 80,00 sedangkan kelas eksperimen sebesar 83,80. Setelah itu melakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sample ttest, diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,01 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0,05 (0,01<0,05). Dengan demikian Ho ditolak Ha diterima. Hasil tersebut menunjukkan perbedaan hasil belajar signifikan antara kelas kontrol dengan model pembelajaran Think Pair Share dan kelas eksperimen dengan model pembelajaran Think Pair Share dan media visual. Dari hasil penelitian ini, peneliti memberi saran kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dan media visual dalam pembelajaran di kelas, khususnya pada mata pelajaran IPA

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI