PENGARUH STRATEGI DISCOVERY DALAM KEGIATAN BEREKSPLORASI TENTANG MEDIA PERAMBATAN BUNYI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN MEDIA PERAMBATAN BUNYI SISWA KELAS IV SD


Author (Penulis)

VINA LAILATUL BADRIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0359

Abstract

PENGARUH STRATEGI DISCOVERY DALAM KEGIATAN BEREKSPLORASI TENTANG MEDIA PERAMBATAN BUNYI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN MEDIA PERAMBATAN BUNYI SISWA KELAS IV SD Vina Lailatul Badriah 11.1.01.10.0359 Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar lailavina7@gmail.com Pembimbing 1: Dr. Suryanto M.Si. Pembimbing 2: Dhian Dwi Nur Wenda, M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Kata kunci: Strategi Discovery, kemampuan membandingkan, media perambatan bunyi Penelitian ini dilatar belakangi pengajaran IPA pada siswa sekolah dasar untuk memperkenalkan ilmu pengetahuan alam dalam kehidupan sehari-hari. Namun terdapat hal yang menjadi kendala yaitu keterbatasan strategi dalam menyampaikan pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi discovery dalam kegiatan bereksplorasi tentang media perambatan bunyi terhadap kemampuan membandingkan media perambatan bunyi siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tunggulsari dan siswa kelas IV SDN II Ringinpitu. Penelitian ini menggunakan instrument pembelajaran lengkap dan tes berupa post-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa data perolehan nilai rata-rata post-test pada kelas control SDN Tunggulsari sebesar 56,2 sedangkan kelas eksperimen SDN II Ringinpitu sebesar 79. Dari Uji Independence Sample T-test yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi discovery memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membandingkan media perambatan bunyi pada siswa kelas IV SDN II Ringinpitu. ABSTARCT Key Word : Strategy of Discovery, The ability to compare, Sound propagation media. This research is motivated IPA teaching in primary school students to introduce Natural Sciences in everyday life. But they are things that become obstacles that limitations of the strategy in delivering civics. The purpose of this study was to determine the effect discovery strategys in exploration activities on sound propagation the ability of the media to compare the sound propagation fourth grade students. This study uses a quantitative approach to research subject fourth grade students of SDN Tunggulsari and SDN II Ringinpitu. This study uses a completed learning and test instruments in the form of post-test. Research shows that the data acquisition value of the average post-test on the controlclass SDN Tunggulsari by 56,2, while the experimental class SDN II Ringinpitu of 79. SDN II Ringinpitu of Independence Sample T-test test is done it can be concluded that the use of discovery strategy has a siqnificant influence on the ability of the media to compare the sound propagation of the fourth grade students of SDN II Ringinpitu. Kata kunci: Strategi Discovery, kemampuan membandingkan, media perambatan bunyi Keyword : Discovery Strategy, The ability to compare, Sound propagation media

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI