PENGARUH METODE TWO STAY-TWO STRAY DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDISKRIPSIKAN ENERGI PANAS YANG TERDAPAT DILINGKUNGAN SEKITAR SERTA SIFAT-SIFATNYA PADA SISWA KELAS IV SDN TITIK KEC. SEMEN KAB. KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

TYARA SINTA S
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0353

Abstract

Tyara Sinta Sarafanda: Pengaruh metode Two Stay-Two Stray didukung media gambar terhadap kemampuan mendiskripsikan energi panas yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya pada siswa kelas IV SDN Titik Kec. Semen Kab. Kediri tahun ajaran 2014/2015, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri 2015. Kata Kunci: Two Stay-Two Stray, Media gambar, Pembelajaran IPA Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa siswa kelas IV SD pada materi mendiskripsikan energi panas yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya dengan narasumber mengalami kesulitan. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajarannya guru tidak menggunakan metode pembalajaran yang tepat. Akibatnya siswa kesulitan untuk menguasai materi sehingga kemampuan mendiskripsikan energi panas yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya dengan narasumber belum tercapai maksimal. Berdasarkan latar belakang tersebut diajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana kemampuan siswa mendiskripsikan energi panas yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya sebelum menggunakan metode two stay-two stray didukung media gambar pada kelas IV SDN Titik Kec. Semen Kab. Kediri? (2) Bagaimana kemampuan siswa mendiskripsikan energi panas yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya setelah menggunakan metode two stay-two stray didukung media gambar pada kelas IV SDN Titik Kec. Semen Kab. Kediri? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh metode two stay-two stray didukung media gambar terhadap kemampuan mendiskripsikan energi panas yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya pada siswa kelas IV SDN Titik Kec.Semen Kab.Kediri ? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian True Eksperimental Posttest-Only Control Design. Menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subjek penelitian kelas IVA SDN Titik Kec. Semen Kab. Kediri (kelompok eksperimen) dan kelas IVB SDN Titik Kec. Semen Kab. Kediri (kelompok control). Teknik pengumpulan data berupa test. Sedangkan analisis data menggunakan t-tes (program SPSS 16.0). Hasil temuan peneliti disimpulkan sebagai berikut (1) Kemampuan siswa dalam mendeskripsikan energi panas yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya sebelum menggunakan metode two stay-stow stray didukung media gambar pada pada siswa kelas IV SDN Titik Kec. Semen Kab. Kediri tidak mencapai KKM yang ditentukan (Menggunakan metode ceramah). Berdasarkan dari analisis data diperoleh rata-rata skor tes siswa 54,50 dengan nilai maksimum 60 dan minimum 40. (2) Kemampuan siswa dalam mendeskripsikan energi panas yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya setelah menggunakan metode two stay-stow stray didukung media gambar pada pada siswa kelas IV SDN Titik Kec. Semen Kab. Kediri akan cenderung meningkat. Berdasarkan dari analisis data diperoleh rata-rata skor tes siswa 88,50. (3) Ada pengaruh metode two stay-two stray didukung media gambar terhadap kemampuan mendiskripsikan energi panas yang terdapat dilingkungan sekitar pada siswa kelas IV SDN Titik Kec. Semen Kab. Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI