PENGARUH METODE TGT DIDUKUNG MEDIA FLIPCHART TERHADAP KEMAMPUAN MENGHARGAI PERJUANGAN PARA TOKOH DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN PADA KELAS V SDN PLUMBONGAMBANG 1 KECAMATAN GUDO KABUPATEN JOMBANG TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

TRIO WIDODO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0349

Abstract

ABSTRAK TRIO WIDODO: Pengaruh Metode TGT Didukung Media Flipchart Terhadap Kemampuan Menghargai Perjuangan Para Tokoh dalam Mempertahankan Kemerdekaan Pada Kelas V SDN PlumbongambangI Kecamatan Gudo Tahun Ajaran 2014- 2015, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: metode pembelajaran, teams games tournament, media pembelajaran, flipchart, kemampuan belajar,perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pada materi perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaankelas V, siswa SDN Plumbongambang I cenderung masih mengalami kesulitan untuk menjelaskan dan menyebutkan perjuangan paratokoh dalam mempertahankan kemerdekaandikarenakan tidak adanya metode dan media pembelajaran yang digunakan untuk menunjang aktivitas belajar padahal di sisi lain siswa di tuntut untuk memiliki kemampuan menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaansehingga dibutuhkan metode TGT didukung media flipchart untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalahnya sebagai berikut: (1) bagaimana kemampuan menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaantanpa menggunakan metode TGT didukung media flipchartpada siswa kelas V SDNPlumbongambang I? (2) bagaimana kemampuan menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan dengan menggunakan metode TGT yang didukung media flipchart pada siswa kelas V SDNPlumbongambang I? (3) bagaimana pengaruh penerapan metode TGT yang didukung media flipchart terhadap kemampuan menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaanpada siswa kelas V SDNPlumbongambang I?. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian ekperimen sehingga terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Plumbongambang I Kecamatan Gudo. Teknik pengumpulan data berupa test, dan instrumennya berupa soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial menggunakan uji- t pada taraf siginifikan 5%. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan nilai thitung ? ttabel yaitu 2,691 ? 2,025 dan nilai rata- rata kelas eksperimen (Kelas V- A) 81,45 terletak diatas 75 (KKM) sedangkan nilai rata- rata kelas kontrol (Kelas V- B) 71,7 terletak dibawah 75 (KKM). Artinya ada pengaruh yang signifikan pada penerapan metode TGTdidukung media flipchart terhadap kemampuan perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelas V SDN Plumbongambang I. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) pada kelas kontrol kemampuan menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan tanpa menggunakan metode TGT didukung media flipchartsiswa kelas V SDN Plumbongambang Idinyatakan masih dibawah rata- rata; (2)pada kelas eksperimen kemampuan menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaanmenggunakan metode TGT didukung media flipchart siswa kelas V SDN Plumbongambang Idinyatakan sudah diatas rata- rata; (3) ada pengaruh yang signifikan metode TGT dengan media flipchart terhadap kemampuan menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaanpada siswa kelas V SDN Plumbongambang I.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI