PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN PENTINGNYA KOPERASI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT SISWA KELAS IV SDN GOGORANTE KECAMATAN NGASEM KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

TRI RIANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0346

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan kegiatan pembelajaran IPS khususnya pada materi pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatdi kelas IV SDN Gogrante yang menunjukkan bahwa pembelajaran dan capaian pembelajaran masih belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar klasikal masih dibawah KKM (75). Masalah tersebut kemungkinan disebabkan model pembelajaran guru yang kurang menarik bagi siswa serta tidak ada media yang mendukung pembelajaran, sehingga siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan kemampuan menjelaskan pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat tanpa model Think Pair Share didukung media gambar siswa kelas IV SDN Gogorante Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016; (2) mendeskripsikan kemampuan menjelaskan pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan model Think Pair Share didukung media gambar siswa kelas IV SDN Gogorante Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016; (3) menjelaskan pengaruh model Think Pair Share didukung media gambar terhadap kemampuan menjelaskan pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat siswa kelas IV SDN Gogorante Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik penelitian One Group Pretest-Posttest Design, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Gogorante Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan nilai t-hitung (6,375) > t-tabel (2,023) dengan nilai rata-rata kelas dari 63,25 menjadi 82,375. Artinya ada pengaruh penggunaan model Think Pair Sharedidukung mediagambar terhadap kemampuan menjelaskan pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada siswa kelas IV SDN Gogorante Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Simpulan hasil penelitian ini adalah : (1) kemampuan siswa dalam menjelaskan pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakattanpa menggunakan model Think Pair Sharedidukung media gambar pada siswa kelas IV SDN Gogorante Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri dinyatakan tidak/kurang mampu; (2) kemampuan siswa dalam menjelaskan pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatdengan menggunakan model Think Pair Share didukung media gambar pada siswa kelas IV SDN Gogorante Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri dinyatakan mampu/berhasil; dan (3) ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model Think Pair Share didukung media gambar terhadap kemampuan menjelaskan pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada siswa kelas IV SDN Gogorante Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Kata Kunci: model think pair share, media gambar, koperasi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI