PENGARUH METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN KERJASAMA DI LINGKUNGAN SEKOLAH SISWA SDN WATES KECAMATAN CAMPURDARAT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

SONY TAUFICHUR ROHMAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0335

Abstract

Penelitian ini diawali dari hasil observasi di SDN Wates 3 Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung, yang menunjukkan pencapaian ketuntasan hasil belajar yang masih rendah pada mata pelajaran IPS materi kerjasama di lingkungan sekolah karena materi kurang menarik dan hanya berupa bacaan. Hal ini membuktikan bahwa ketertarikan dalam belajar IPS masih kurang, sehingga menjadikan siswa pasif dan hasil belajar yang dicapai kurang maksimal. Siswa hanya duduk, diam, dan mendengarkan penjelasan guru. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pada materi kerjasama di lingkungan sekolah antara menggunakan metode simulasi dan metode ceramah pada siswa kelas III SD. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kuantitatif. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2015 di SDN Wates 3 dan tanggal 8 Oktober 2015 di SDN Wates 2 Kec. Campurdarat Kab. Tulungagung. Data penelitian berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh melalui posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil posttest, ada perbedaan yang signifikan dari hasil rata-rata kelas kontrol dengan hasil rata-rata kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat pada hasil posttest kelas kontrol yaitu dari 23 siswa diperoleh hasil belajar rata-rata kelas 61. Dengan nilai KKM 65.5, ada siswa yang memperoleh hasil belajar di bawah KKM. Sedangkan pada hasil posttest kelas eksperimen dari 23 siswa di peroleh hasil belajar rata-rata kelas 85. Dengan nilai KKM 65.5, tidak ada siswa yang memperoleh hasil belajar di bawah KKM. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil rata rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil rata-rata kelas kontrol. Perbedaan hasil rata-rata kelas tersebut membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran simulasi memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap pengetahuan kerjasama di lingkungan sekolah pada siswa ke-las III SDN 3 Wates Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung. Kata kunci: Metode simulasi, Pengetahuaan Kerjasama di Lingkungan, Hasil Belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI