PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM KEGIATAN MENGENAL TANAMAN OBAT TERHADAP PENGEMBANGAN PENGETAHUAN TENTANG APOTEK HIDUP PADA SISWA KELAS IV SDN KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
SILMA ADITYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0327
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah karena guru hanya menggunakan model
pembelajaran yang monoton seperti model konvensional dalam pembelajaran ipa, hal ini
membuat siswa menjadi bosan, karena hanya mendengarkan dan hafalan dari penjelasan yang
diberikan guru mereka.. Untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh model pembelajaran
Snowball Throwing dalam kegiatan mengenal tanaman obat terhadap pengembangan
pengetahuan tentang apotek hidup sehingga dihasilkan proses pembelajaran yang aktif,
kreatif, menyenangkan dan pada akhirnya dapat membantu siswa mencapai hasil
pembelajaran tuntas.Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subjek
penelitian siswa kelas IV SDN Semampir 1 dan siswa kelas IV SDN Semampir 2. Penelitian
ini menggunakan instrument pembelajaran lengkap dan tes berupa post-test.Dari analisis data,
diperoleh kesimpulan. Dari Uji t Independent Sample Test yang dilakukan dapat disimpulkan
bahwa penggunaan model Snowball Throwing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
pengembangan pengetahuan tentang apotek hidup pada siswa kelas IV SDN Semampir 1.