PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM KEGIATAN MENGENAL TANAMAN OBAT TERHADAP PENGEMBANGAN PENGETAHUAN TENTANG APOTEK HIDUP PADA SISWA KELAS IV SDN KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

SILMA ADITYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0327

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena guru hanya menggunakan model pembelajaran yang monoton seperti model konvensional dalam pembelajaran ipa, hal ini membuat siswa menjadi bosan, karena hanya mendengarkan dan hafalan dari penjelasan yang diberikan guru mereka.. Untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing dalam kegiatan mengenal tanaman obat terhadap pengembangan pengetahuan tentang apotek hidup sehingga dihasilkan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, menyenangkan dan pada akhirnya dapat membantu siswa mencapai hasil pembelajaran tuntas.Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Semampir 1 dan siswa kelas IV SDN Semampir 2. Penelitian ini menggunakan instrument pembelajaran lengkap dan tes berupa post-test.Dari analisis data, diperoleh kesimpulan. Dari Uji t Independent Sample Test yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Snowball Throwing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan pengetahuan tentang apotek hidup pada siswa kelas IV SDN Semampir 1.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-01

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI