PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL AKTIVITAS EKONOMI YANG BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM DAN POTENSI LAIN DI DAERAHNYA PADA SISWA KELAS IV SDN MRICAN I KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016.


Author (Penulis)

ROSI RIFANDIYAH P
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0313

Abstract

ABSTRAK Rosi Rifandiyah Putri : Pengaruh Model Pembelajaran STAD Didukung Media gambar Terhadap Kemampuan Mengenal Aktivitas Ekonomi yang berkaitan dengan Sumber Daya Alam dan Potensi Lain di Daerahnya Siswa Kelas IV SDN Mrican 1 Kota Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci : model pembelajaran, STAD, media, gamabar, mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneli, bahwa siswa kelas IV SD pada materi mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan di dominasi pada peran guru. Hal ini dibuktikan penggunaan metode ceramah yang tidak variatif sering dilaksanakan dalam setiap pembelajaran sehingga aktivitas pembelajaran selalu membosankan sehingga hasil belajarpun juga rendah. Berdasarkan latar belakang tersebut diajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut adalah (1) Bagaimana kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya sebelum model pembelajaran STAD didukung media gambar? (2) Bagaimana kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya setelah menggunakan model pembelajaran STAD didukung media gambar siswa kelas IV SDN Mrican I Kota Kediri ?(3) Adakah pengaruh model pembelajaran STAD didukung media gambar terhadap kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya siswa kelas IV?. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen sehingga terdapat satu kelas, yaitu kelas eksperimen. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Mrican 1Kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa soal isian. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan nilai t-hitung (18,8) > t-tabel (2,064) dan nilai rata-rata kelas kontrol (49) < 70 (KKM). Artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD dengan media gambar terhadap kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya pada siswa kelas IV SDN Mrican 1 Kota Kediri. Simpulan hasil penelitian ini adalah: (1) kemampuan siswa pada kelas eksperimen dalam mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya sebelum menggunakan model pembelajaran STAD didukung media gambar pada siswa kelas IV SDN Mrican 1 dinyatakan tidak/kurang mampu; (2) kemampuan siswa pada kelas eksperimen dalam mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya setelah menggunakan model pembelajaran STAD didukung media gambar pada siswa kelas IV SDN Mrican 1 dinyatakan mampu/berhasil; dan (3) ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran STAD didukung media gambar terhadap kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya pada siswa kelas IV SDN Mrican 1.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI