ANALISIS KESESUAIAN BUKU TEKS TEMATIK TERPADU TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SD/MI KELAS IV DENGAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013
Author (Penulis)
RIZKY YOGASWESTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0306
Abstract
ABSTRAK
KATA KUNCI: Analisis, kesesuaian, buku teks, tematik, kompetensi dasar, kurikulum 2013.
Penelitian ini dilatar belakangi dibutuhkannya buku teks tematik yang sesuai dengan kompetensi dasar yang mengacu pada kurikulum 2013. Pembelajaran tematik membutuhkan bahan ajar yang lebih lengkap karena pembelajaran tematik merupakan perpaduan dari berbagai disiplin ilmu. Namun, dalam penulisan buku seringkali kurang memperhatikan aspek yang berhubungan dengan buku yang akan diterbitkan.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah Buku Teks Tematik Terpadu Tema Indahnya Kebersamaan SD/MI Kelas IV sesuai dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Kelas IV? (2) Bagaimana kesesuaian Buku Teks Tematik Terpadu Tema Indahnya Kebersamaan SD/MI Kelas IV terhadap Kompetensi Dasar IPA Kelas IV? (3) Bagaimana kesesuaian Buku Teks Tematik Terpadu Tema Indahnya Kebersamaan SD/MI Kelas IV terhadap Kompetensi Dasar IPS Kelas IV? (4) Bagaimana kesesuaian Buku Teks Tematik Terpadu Tema Indahnya Kebersamaan SD/MI Kelas IV terhadap Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia Kelas IV? (5) Bagaimana kesesuaian Buku Teks Tematik Terpadu Tema Indahnya Kebersamaan SD/MI Kelas IV terhadap Kompetensi Dasar Matematika Kelas IV? (6) Bagaimana kesesuaian Buku Teks Tematik Terpadu Tema Indahnya Kebersamaan SD/MI Kelas IV terhadap Kompetensi Dasar PPKn Kelas IV?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Kualitatif dengan subjek penelitian Buku Teks Tematik Terpadu Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV. Penelitian ini menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Buku Teks Tematik Terpadu Tema Indahnya Kebersamaan SD/MI hampir seluruhnya sesuai dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Adapun beberapa indikator yang tidak sesuai yaitu pada Kompetensi Dasar IPS K.D 3.5, Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia K.D 3.1, Kompetensi Dasar PPKn K.D 3.2.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Kegunaan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian antara buku teks dengan kompetensi dasar kurikulum 2013. Oleh sebab itu guru diharapkan dapat memilih buku teks yang sesuai dengan kompetensi dasar kurikulum 2013. (2) Guru dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan buku teks yang digunakan dalam pembelajaran. Sehingga proses belajar mengajar dapat mencapai hasil yang maksimal.