PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA DUA DIMENSI DALAM KEGIATAN MENGURUTKAN DAUR HIDUP HEWAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGURUTKAN DAUR HIDUP MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS IV SDN PUNCU 1 TAHUN 2014/2015
Author (Penulis)
RIZKA VERDIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0305
Abstract
PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE
DENGAN MEDIA DUA DIMENSI DALAM KEGIATAN MENGURUTKAN DAUR HIDUP HEWAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGURUTKAN DAUR HIDUP MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS IV SDN PUNCU 1 TAHUN 2014/2015
RIZKA VERDIANA
11.1.01.10.0305
FKIP – PGSD
rizkaverdiana@gmail.com
Mumun Nurmilawati, S.Pd., M.Pd dan
Dra. Endang Sri Mujiwati, M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah yang memiliki peranan penting dalam membentuk siswa menjadi berkualitas. IPA di Sekolah Dasar bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja, mengembangkan pengetahuan keterampilan dan nilai ilmiah pada siswa.Pada mata pelajaran IPA kelas IVmateri dengan subtema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku dalam kegiatan mengurutkan daur hidup hewan, kompetensi dasar mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup, siswa diharapkan mampu mengurutkan daur hidup makhluk hidup dengan benar. Pembelajaran yang dilaksanakan pada SDN Puncu 1 masih konvensional dan tidak menggunakan media sehingga kemampuan siswa dalam mengurutkan daur hidup makhluk hidup rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan mengurutkan kemampuan mengurutkan daur hidup makhluk hidup sebelum dan sesudah menggunakan model picture and picture dengan media dua dimensi.
Penelitian ini merupakanpenelitian Pre-Experimentaldengan One-Group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Puncu 1 Kabupaten Kediri yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data meggunakan tes tulis dalam bentuk pretest dan posttest kemudian untuk mengetahui pengaruh model picture and picture dengan media dua dimensi terhadap kemampuan mengurutkan daur hidup makhluk hidup dianalisis dengan menggunakan uji t.Hasil temuan diperoleh thitung> ttabel yaitu 10,933> 2,064sehingga Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan (5%). Diketahui bahwa nilai rata-rata kelas saat pretest yaitu 67,68, terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas setelah postest sebesar80,56.Dengan demikian, dapat diartikan bahwa ada pengaruh signifikan dalam penggunaan model picture and picture dengan media dua dimensi terhadap kemampuan mengurutkan daur hidup makhluk hidup siswa kelas IV SDN Puncu 1 Tahun 2014/2015.
Kata Kunci : Picture and picture,daur hidup hewan, media dua dimensi, kemampuan mengurutkan daur hidup makhluk hidup