PENGARUH MODEL CIRC DALAM KEGIATAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER-SUMBER ENERGI ALTERNATIF DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PENGETAHUAN SUMBER-SUMBER ENERGI ALTERNATIF SISWA KELAS IV SDN WONOREJO 1 KECAMATAN PUNCU KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015.


Author (Penulis)

RININTA INDRIASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0301

Abstract

Abstrak Rininta Indriastuti: Pengaruh Model CIRC dalam Kegiatan Mengidentifikasi Sumber-Sumber Energi Alternatif Dan Manfaatnya Dengan Media Gambar Terhadap Pengetahuan Sumber-Sumber Energi Alternatif Siswa Kelas IV SDN Wonorejo 1 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi.Program Studi Ilmu Pendidikan. Jurusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nusantara PGRI. Kediri. Kata Kunci : CIRC, Model Pembelajaran, IPA, Pengetahuan. Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan yang mana guru masih menerapkan metode ceramah atau menggunakan pendekatan teaching center guru menjadi narasumber dari segala pengetahuan yang akan diterima dan diketahui oleh siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh menggunakan model pembelajaran CIRC sebelum ataupun sesudah menggunakan model pembelajaran tersebut terhadap pengetahuan siswa dalam mengidentifikasi sumber-sumber energi alternatif dan manfaatnya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wonorejo 1 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri, kelas IV semester 1 tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan pre-experimental bentuk one-group pretest-posttest. Sampel penelitian ini meliputi 22 siswa. Instrumen penelitian berupa tes tlis yaitu dalam bentuk pilahan ganda 15 soal dengan 4 pilahan dan isian singkat 20 soal.Validitas tes dihitung dengan menggunakan rumus pearson product moment dikatakan valid apabila rhitung > rtabel, dengan rtabel = 0,423. Kofesiensi realibilitas tes = 0,906 ini dihitung dengan menggunakan rumus K-R.21 (Kuder – Richardson). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu dengan uji-t, pada taraf signifikan dan derajat kebebasan (db) = 21. Uji normalitas hasil tes mengguakan chi-kuadrat dengan X2hitung 4,3512 , X2tabel pada ? = 0,05 dan dk = 4 adalah 9,488 dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh (11,72) > (2,080), maka H1 yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelejaran CIRC terhadap pengetahuan siswa dalam mengidentifikasi sumber-sumber energi alternatif dan manfaatnya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan media gambar terhadap pengetahuan mengidentifikasi sumber-sumber energi alternatif dan manfaatnya. Saran yang dapat peneliti berikan untuk siswa agar dapat lebih mengembangkan pengetahuan siswa dalam mengidentifikasi suatu masalah, serta mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Dan untuk guru dapat menerapkan model pembelajaran CIRC ini untuk pembelajaran.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI