PENGARUH MODEL THINK PAIR AND SHARE DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAMPAK PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK PADA SISWA KELAS IV SDN GOGORANTE KECAMATAN NGASEM KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RETNO SRI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0292

Abstract

Abstrak Retno Sri Lestari : Pengaruh Model Think Pair and Share Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Dampak Perubahan Lingkungan Fisik Pada Siswa Kelas IV SDN Gogorante, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri Tahun 2014/2015, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015 . Kata kunci : Kooperatif, Think Pair And Share, Mendeskripsikan Dampak Perubahan Lingkungan Fisik Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar siswa dalam mendeskripsikan dampak perubahan lingkungan fisik rendah. Salah satu upaya mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model Think Pair and Share . Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti diajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut (1) apakah model pembelajaran Think Pair and Share didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan dampak perubahan lingkungan fisik pada siswa kelas IVb SDN Gogorante, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri? (2) apakah model pembelajaran Think Pair and Share tanpa didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan dampak perubahan lingkungan fisik pada siswa kelas IVa SDN Gogorante, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri? (3) apakah ada perbedaan pengaruh model pembelajaran Think Pair and Share didukung media gambar dibanding model pembelajaran Think Pair and Share tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan dampak perubahan lingkungan fisik pada siswa kelas IV SDN Gogorante, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri? Peneliti ini menggunakan tehnik penelitian Eksperimental dengan desain Nonrandomized Control Grup Pretes Posttest Desaign, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Gogorante yaitu kelas IVb SDN Gogorante (kelompok eksperimen) dan kelas IVa SDN Gogorante (kelompok kontrol). Teknik pengumpulan data berupa tes dengan menggunakan jenis penilaian tertulis. Simpulan hasil penelitian adalah (1) Penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share didukung media gambar berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan dampak perubahan lingkungan fisik. Hal ini terbukti tingginya thitung =11,660 > ttabel =2,845 dengan ketuntasan klasikal tinggi yakni 84,96%. (2) Penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share tanpa didukung media gambar berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan dampak perubahan lingkungan fisik thitung =5,363 > ttabel = 2,819 namun demikian ketuntasan masih kurang dari 75% terhadap KKM yaitu 29,74% (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara pengguanaan model model pembelajaran Think Pair and Share didukung media gambar dibanding model pembelajaran Think Pair and Share tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan dampak perubahan lingkungan fisik dari thitung =4,919 > ttabel =2,698 dengan perbandingan XE > XK, 83,33>68,04.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI