PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MACTH DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN CARA MENJAGA KESEHATAN LINGKUNGAN SEKITAR SISWA KELAS III SDN ASMOROBANGUN 2 KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
PRAFITA PUSPITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0273
Abstract
ABSTRAK
Prafita Puspitasari: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE MAKE A MACTH DENGAN MEDIA GAMBAR
TERHADAP KEMAMPUAN KELAS III SD ASMOROBANGUN II
KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014-2015, Skripsi, PGSD, FKIP
Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015.
Kata kunci: model make a macth media gambar,terhadap kemampuan cara
menjaga kesehatan lingkungan sekitar
Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan di dunia pendidikan
walaupun sudah banyak berganti beberapa kurikulum tetapi guru masih
menerapkan metode ceramah yang mana guru menjadi narasumber dari segala
pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan cara menjaga
kesehatan lingkungan sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Make a Macth dengan media gambar dan mengetahui kemampuan cara menjaga
kesehatan lingkungan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Make a Macth dengan media gambar. Kemudian mencari pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Make a Macth dengan media gambar terhadap
kemampuan cara menjaga kesehatan lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di
SD ASMOROBANGUN II Kabupaten Kediri, kelas III semester 1 tahun ajaran
2014-2015.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian eksperimen dengan bentuk one-group pretest-posttest. Subjek
penelitian ini 20 siswa dengan rincian jumlah siswa laki-laki 9 siswa dan
perempuan 11 siswa. Instrumen penelitian berupa tes tulis yaitu dalam bentuk
pilahan ganda 20 soal. Validitas tes dihitung dengan menggunakan rumus
pearson product moment dikatakan valid apabila rhitung > rtabel, dengan rtabel =
0,444. Kofesiensi reliabilitas tes = 0,968 ini dihitung dengan menggunakan rumus
K-R.21 (Kuder – Richardson). Teknik analisis data yang digunakan untuk
menguji hipotesis yaitu dengan uji-t, pada taraf signifikan dan derajat kebebasan
(db) = 19.
Uji normalitas hasil tes menggunakan chi-kuadrat dengan X2
hitung 1,34 , X2
tabel pada ? = 0,05 dan dk = 4 adalah 9,488 dinyatakan bahwa berdistribusi
normal. Uji analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh (6,49) >
(2,093), maka H1 yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran
Make a Macth terhadap kemampuan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
dengan media gambar. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh
signifikan terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Make a Macth dengan
media gambar terhadap (1) Kemampuan cara menjaga kesehatan lingkungan
sekitar sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Macth
dengan media gambar dengan hasil tes yang lebih rendah dengan nilai rata-rata
65,75. (2) Kemampuan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar sesudah
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Macth dengan media
gambar memiliki hasil tes yang lebih tinggi dengan nilai rata-rata 82,5. (3) Ada
pengaruh yang sangat signifikan dalam penggunaan model pembelajaran
vii
kooperatif tipe Make a Macth dengan media gambar terhadap kemampuan cara
menjaga kesehatan lingkungan sekitar kelas III SD Asmorobangun II kabupaten
Kediri Tahun Ajaran 2014-2015. Hal ini diketahui berdasarkan perolehan dari
(6,49) > (2,093) dengan taraf signifikan 5% maka Ho ditolak.
Sehingga Ha diterima.