PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MACTH DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN CARA MENJAGA KESEHATAN LINGKUNGAN SEKITAR SISWA KELAS III SDN ASMOROBANGUN 2 KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

PRAFITA PUSPITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0273

Abstract

ABSTRAK Prafita Puspitasari: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MACTH DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN KELAS III SD ASMOROBANGUN II KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014-2015, Skripsi, PGSD, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata kunci: model make a macth media gambar,terhadap kemampuan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan di dunia pendidikan walaupun sudah banyak berganti beberapa kurikulum tetapi guru masih menerapkan metode ceramah yang mana guru menjadi narasumber dari segala pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan cara menjaga kesehatan lingkungan sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Macth dengan media gambar dan mengetahui kemampuan cara menjaga kesehatan lingkungan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Macth dengan media gambar. Kemudian mencari pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Macth dengan media gambar terhadap kemampuan cara menjaga kesehatan lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di SD ASMOROBANGUN II Kabupaten Kediri, kelas III semester 1 tahun ajaran 2014-2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan bentuk one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini 20 siswa dengan rincian jumlah siswa laki-laki 9 siswa dan perempuan 11 siswa. Instrumen penelitian berupa tes tulis yaitu dalam bentuk pilahan ganda 20 soal. Validitas tes dihitung dengan menggunakan rumus pearson product moment dikatakan valid apabila rhitung > rtabel, dengan rtabel = 0,444. Kofesiensi reliabilitas tes = 0,968 ini dihitung dengan menggunakan rumus K-R.21 (Kuder – Richardson). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu dengan uji-t, pada taraf signifikan dan derajat kebebasan (db) = 19. Uji normalitas hasil tes menggunakan chi-kuadrat dengan X2 hitung 1,34 , X2 tabel pada ? = 0,05 dan dk = 4 adalah 9,488 dinyatakan bahwa berdistribusi normal. Uji analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh (6,49) > (2,093), maka H1 yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran Make a Macth terhadap kemampuan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar dengan media gambar. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Make a Macth dengan media gambar terhadap (1) Kemampuan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Macth dengan media gambar dengan hasil tes yang lebih rendah dengan nilai rata-rata 65,75. (2) Kemampuan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Macth dengan media gambar memiliki hasil tes yang lebih tinggi dengan nilai rata-rata 82,5. (3) Ada pengaruh yang sangat signifikan dalam penggunaan model pembelajaran vii kooperatif tipe Make a Macth dengan media gambar terhadap kemampuan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar kelas III SD Asmorobangun II kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014-2015. Hal ini diketahui berdasarkan perolehan dari (6,49) > (2,093) dengan taraf signifikan 5% maka Ho ditolak. Sehingga Ha diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI