Pengaruh Model TAI Didukung Media Bagan terhadap Keterampilan Berhitung dalam Menyelesaikan Soal Cerita KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV SDN Kabupaten Kediri
Author (Penulis)
OKIK YUDHA PERWIRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0266
Abstract
ABSTRAK
Okik Yudha Perwira: 2016. Pengaruh Model TAI Didukung Media Bagan terhadap Keterampilan Berhitung dalam Menyelesaikan Soal Cerita KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV SDN Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi,PGSD,FKIP UNP Kediri 2015
Rendahnya prestasi dalam kemampuan menjelaskan siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV di SDN Gayam Kediri, pada materi KPK dan FPB disebabkan karena guru menciptakan kondisi pembelajaran yang monoton selain itu guru tidak menggunakan model pembelajaran yang sesuai dan inovatif serta media pembelajaran yang konkrit dan kurang kreatif dalam memberikan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model TAI didukung media bagan terhadap keterampilan berhitung dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB pada siswa kelas IV SDN kabupaten kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif (numerik). Tahapan setiap pembelajaran dimulai dari observasi awal, perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan, analisis data, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gayam Kediri. Waktu penelitian tepatnya 17 Desember 2015 dari permohonan izin observasi, mengamati pembelajaran di kelas IV, memberikan solusi sampai selesai. Sumber data penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes. Teknik analisis data menggunakan analisis penerapan model pembelajaran TAI didukung dengan media pembelajaran Bagan dan analisis prestasi belajar. Teknik analisis data bersifat kuantitatif, yang berupa angka atau data kuantitatif dianalisis dengan menghitung prosentase kemampuan siswa melalui nilai tes kemudian dideskripsikan serta kualitatif untuk mengetahui kesenangan siswa dalam mengikuti pembelajaran berlangsung.
Setelah dilakukan analisis bahwa penerapan model pembelajaran TAI dengan media pembelajaran Bagan dalam pembelajaran Matematika di kelas IV SDN Gayam Kediri terbukti dapat meningkatkan kemampuan menjelaskan siswa materi KPK dan FPB. Prosentase peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen 17% tidak tuntas, 83% tuntas lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol 26 % tidak tuntas, 74% tuntas. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh model TAI dengan media pembelajaran Bagan dapat meningkatkan keterampilan berhitung dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB pada pelajaran Matematika pada siswa kelas IV.
Kata Kunci: Kooperatif, TAI (Team Assisted Individualization) Media Bagan, Berhitung, Belajar, KPK dan FPB