PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI DISKUSI DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI FUNGSI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS V SDN 1 KERTOSONO KECAMATAN PANGGUL KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

NENENG DWI KURNIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0234

Abstract

Abstrak Neneng Dwi Kurnia: Pengaruh penggunaan metode diskusi dengan media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia siswa kelas V SDN I Kertosono Kec.Panggul Kab.Trenggalek, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata kunci : metode diskusi, media gambar, kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia siswa kelas V SDN I Kertosono masih mengalami kesulitan. Hal ini di karenakan guru belum tepat dalam menentukan metode dan media untuk materi mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan metode diskusi dan media gambar agar tujuan pembelajarannya tercapai. Dengan demikian diambil tiga tiga tujuan penelitian untuk mengetahui (1) kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia sebelum menggunakan metode diskusi dengan media gambar siswa kelas V SD? (2) kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia sesudah menggunakan metode diskusi dengan media gambar siswa kelas V SD? (3) pengaruh penggunaan metode diskusi dengan media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia siswa kelas V SD? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian one-group pretest-posttest design dan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN I Kertosono Kabupaten Trenggalek. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah tes. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif. Hasil analisis yang diperoleh nilai rata-rata sebelum menggunakan metode diskusi dengan media gambar (63) KKM (65). Artinya ada pengaruh penggunaan metode diskusi dengan media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia siswa kelas V SD. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia sebelum menggunakan metode diskusi siswa kelas V SDN I Kertosono tahun pelajaran 2015/2016 dikategorikan sedang (2) kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia sesudah menggunakan metode diskusi siswa kelas V SDN I Kertosono tahun pelajaran 2015/2016 dikategorikan tinggi (3) ada pengaruh sangat signifikan pada penggunaan metode diskusi dengan media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia kelas V SDN I Kertosono tahun 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI